Rabu 18 Mar 2020 08:40 WIB

IOC Berkomitmen Gelar Olimpiade Tokyo Sesuai Jadwal

IOC bersikeras Olimpiade 2020 tetap dilangsungkan sesuai jadwal mulai 24 Juli.

Olimpiade Tokyo(VOA)
Foto: VOA
Olimpiade Tokyo(VOA)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyatakan komitmen mereka untuk tetap melangsungkan Olimpiade Tokyo 2020 sesuai jadwal, ketika dunia saat ini tengah terinfeksi pandemi global Covid-19. IOC bersikeras Olimpiade Tokyo tetap dilangsungkan sesuai jadwal pada 24 Juli hingga 9 Agustus nanti.

Pernyataan itu dikeluarkan IOC setelah pembicaraan dengan berbagai federasi olahraga dunia serta komite Olimpiade negara anggota pada Selasa (17/3). Kendati menegaskan tidak perlu ada langkah perubahan drastis terkait jadwal Olimpiade Tokyo, IOC secara bersamaan menyebut akan ada penyesuaian jadwal fase kualifikasi yang sebagian besar terhenti karena terdampak Covid-19.

Baca Juga

"IOC tetap berkomitmen penuh terhadap Olimpiade Tokyo 2020 dan dengan empat bulan waktu tersisa sebelum digelar tidak perlu ada keputusan perubahan drastis. Lagipula spekulasi apa pun saat ini akan cenderung kontra-produktif," tulis pernyataan di laman resmi IOC.

"IOC mendorong para atlet untuk terus mempersiapkan diri sebaik mungkin menuju Olimpiade Tokyo 2020," tulis pernyataan yang sama.

Pernyataan itu memperlihatkan IOC menempuh jalur berlawanan dibandingkan badan sepak bola Eropa, UEFA, maupun konfederasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL, yang masing-masing memutuskan menunda Euro 2020 dan Copa America 2020 ke tahun depan. Euro dan Copa America awalnya direncanakan digelar Juni-Juli tahun ini.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengklaim para pemimpin negara-negara G7 setuju Olimpiade Tokyo tetap digelar sesuai jadwal.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement