Rabu 18 Mar 2020 06:17 WIB

Ini Langkah FIFA Mengatasi Pandemi Corona

FIFA menerima keputusan CONMEBOL dan UEFA memundurkan Copa America 2020 dan Euro 2020

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Presiden FIFA Gianni Infantino (EPA/Walter Bieri)
Foto: EPA/Walter Bieri
Presiden FIFA Gianni Infantino (EPA/Walter Bieri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) merilis pernyataan terperinci tentang rencana mengatasi pandemi virus Corona (Covid-19). FIFA menjanjikan donasi sebesar 10 juta dolar untuk Covid-19 Solidarity Response Fund yang dibentuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Di sisi lain, Presiden FIFA Gianni Infantino saat ini sedang dalam diskusi dengan para pemimpin dari semua konfederasi FIFA tentang tanggal untuk kompetisi di tiap benua.

Baca Juga

FIFA mengatakan pihaknya menerima keputusan UEFA dan CONMEBOL untuk memindahkan turnamen andalan mereka, Euro 2020 dan Copa America 2020, ke musim panas 2021 karena wabah corona. Di sisi lain, dengan skema Piala Dunia Antarklub yang baru, yang akan berlangsung selama musim panas 2021, ada banyak hal yang harus dipecahkan FIFA. Namun, Infantino memastikan akan mengambil keputusan yang tepat pada masa-masa sulit ini.

"Menemukan solusi yang tepat dan adil di tingkat global sangat penting. Ini membutuhkan persatuan, solidaritas dan rasa tanggung jawab bersama dan kita perlu memikirkan semua orang di seluruh dunia yang berpotensi terkena dampak oleh keputusan kita," kata Infantinio dikutip dari NBC Sports, Rabu (18/3). 

"Dengan pemikiran ini, FIFA terus-menerus berdiskusi dengan konfederasi, asosiasi anggota, dan pemangku kepentingan lainnya dari seluruh dunia, juga mengingat bahwa kesehatan (pertama) dan solidaritas olahraga (kedua) adalah pertimbangan terpenting bagi dunia sepakbola," jelas dia.

Infantino kemudian mengungkapkan langkah-langkah berikut yang akan diambil FIFA di tengah pandemi virus corona. Pertama, menerima penundaan dari CONMEBOL dan UEFA untuk menggelar Copa America 2020 dan Euro 2020 pada Juni sampai Juli 2021.

Kedua, FIFA akan memonitor perkembangan lebih lanjut tentang situasi yang terjadi di dunia untuk kemudian bisa menjadwal ulang Piala Dunia Antarklub FIFA yang baru. Opsinya tetap pada 2021, dimundurkan setahun pada 2022 atau pada 2023.

FIFA juga akan berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola China dan Pemerintah China mengenai penundaan Piala Dunia Antarklub FIFA yang baru dari 2021 untuk meminimalkan dampak negatif.

Terakhir FIFA akan membahas dampak perubahan ini pada kalender pertandingan internasional dengan konfederasi, anggota asosiasi, dan pemangku kepentingan lainnya. 

FIFA menyatakan akan membahas kalender pertandingan internasional dengan tujuan menemukan solusi yang tepat untuk semua orang dan diusulkan segera setelah keadaan memungkinkan. DIharapkan ini semua selesai sebelum akhir April.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement