Rabu 18 Mar 2020 00:32 WIB

BNPB Siapkan Website dan Fasilitas Rilis Data Covid-19

BNPB akan mempusatkan rilis data terkait Covid-19 dalam satu website

Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menyiapkan website atau laman resmi serta sejumlah fasilitas untuk keperluan merilis data terkait penanganan Covid-19 (corona virus disease 2019).

"Jadi semuanya dipusatkan di sini dan sudah mulai diaktifkan poskonya," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo di Jakarta, Selasa (17/3).

Baca Juga

Selain menyiapkan fasilitas, juga terdapat pakar dan sejumlah organisasi terkait percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air. Terkait organisasi-organisasi yang disiapkan BNPB, ia mengatakan nantinya terdapat gugus tugas dimana di dalamnya ada komandan serta wakil komandan.

Menurutnya, sesuai instruksi Presiden terkait gugus tugas dalam kebencanaan, kepala daerah secara otomatis akan menjadi komandan dan kemudian di bawahnya minimal ada dua wakil komandan. "Nanti wakil komandannya ada dua dari pihak TNI dan Polri. Kemudian di bawahnya juga ada sub-sub gugus lain," ujarnya.

Agus mengatakan setidaknya ada empat sub gugus yang harus dipenuhi yakni pencegahan, respon, pemulihan serta pakar. Hal ini tentunya dapat dilakukan pula dengan bantuan pihak-pihak terkait lainnya agar penanganan dapat terlaksana lebih cepat.

Secara umum, kata dia, saat ini ada Keputusan Presiden (Keppres) nomor 7 tahun 2020 yang di dalamnya terdapat gugus tugas percepatan penanganan bencana COVID-19 dengan BNPB sebagai koordinatornya. Dalam Keppres itu juga ada klausul untuk memerintahkan setiap kepala daerah baik itu gubernur, walikota ataupun bupati dalam menetapkan status keadaan darurat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement