Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Usai Koordinasi Dengan Kemenpora, PSSI Susun Jadwal Liga

Selasa 17 Mar 2020 23:55 WIB

Red: Didi Purwadi

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan Ketua Umum PSSI, M Iriawan, menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela acara pembukaan Liga 2 Indonesia di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3).

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan Ketua Umum PSSI, M Iriawan, menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela acara pembukaan Liga 2 Indonesia di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3).

Foto: @kemenpora_ri
PSSI resmi menunda Liga 1 dan Liga 2 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI akan kembali menyusun jadwal kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Langkah tersebut dilakukan setelah PSSI sebelumnya resmi menunda Liga hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan karena imbas dari penyebaran Covid-19.

''Setelah berkoordinasi dengan Menpora, PT LIB, dan Exco pada Sabtu lalu, kami putuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang sudah terjadwal minimal ditunda dua pekan sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus corona," ujar Ketua umum PSSI, M. Iriawan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/3).

Setelah kompetisi ditunda per Senin, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyusun kembali jadwal pertandingan. Hal-hal yang bersifat teknis serta administratif agar dikoordinasikan dengan manajer Liga 1 dan Liga 2.

Jalannya kompetisi sudah mulai dihentikan sejak laga terakhir pekan ke-3 untuk Liga 1 dan pekan pembuka Liga 2 pada Minggu (15/3). Awalnya, penghentian kompetisi hanya akan berlangsung dua pekan. Namun, karena pemerintah tengah bekerja keras menanggulangi Covid-19, maka PSSI memutuskan untuk menunda hingga waktu yang belum ditentukan.

PSSI juga akan membantu LIB untuk melakukan kajian cost, manajemen risiko di masing-masing klub dalam kondisi terburuk usai dua pekan penghentian sementara kompetisi.

Menpora Apresiasi PSSI
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan apresiasi kepada PSSI dan PT LIB yang menghentikan sementara Liga 1 dan Liga 2 sebagai langkah waspada terhadap meluasnya penyebaran virus Corona di Indonesia. “Pemerintah berterima kasih atas PSSI yang sangat bijak. Itu artinya kita sangat serius, menanggapi apa yang disampaikan WHO dan Kemenkes,'' kata Menpora Zainudin Amali di sela-sela acara pembukaan Liga 2 Indonesia di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3). 

Seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora, Menpora mengatakan Liga 1 dan Liga 2 akan dihentikan sementara dalam dua pekan ke depan sambil terus menunggu perkembangan. Penghentian liga ini menjadi bukti bahwa pemerintah berkoordinasi dengan cabor-cabor dalam mengambil sikap terkait virus corona.

Menpora menyebutkan bahwa keputusan penundaan memang perlu diambil karena perkembangan wabah virus corona terus meluas. Karean itu, Zainudin menyambut baik keputusan yang diambil PSSI tersebut.

"Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO (World Health Organization) maupun Kementerian Kesehatan RI,'' katanya. ''Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran virus corona ini.''

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA