Selasa 17 Mar 2020 16:10 WIB

Indonesia Duduki Urutan Keempat Pemimpin Perempuan Terbanyak

Filipina menempati urutan tertinggi yaitu 43 persen.

Kesetaraan Gender(www.worldvision.org)
Foto: www.worldvision.org
Kesetaraan Gender(www.worldvision.org)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia usaha secara aktif telah menghilangkan berbagai hambatan untuk mewujudkan kesetaraan gender di tingkat senior. Proporsi perusahaan midmarket dengan setidaknya satu wanita di jenjang manajemen senior di seluruh dunia bertahan stabil di 87 persen. Angka ini mengalami peningkatan hampir 20 poin selama lima tahun terakhir.

Data tersebut dipublikasikan pada laporan Women In Business 2020 yang dirilis bertepatan dengan International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret. Setiap tahunnya, Grant Thornton International secara konsisten mempublikasikan penelitian ini.

Menurut laporan tersebut, Indonesia dan Meksiko menduduki urutan keempat dengan persentase wanita di posisi manajemen senior paling banyak yaitu sebesar 37 persen. Filipina menempati urutan tertinggi yaitu 43 persen dan diikuti oleh Afrika Selatan (40 persen) dan Polandia (38 persen).

Laporan Women in Business tahun ini juga memperlihatkan upaya mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia seperti memberikan bimbingan dan pembinaan (52 persen), menciptakan budaya inklusif (35 persen), dan penetapan target atau kuota untuk keseimbangan gender di tingkat senior (31 persen). Kesemuanya memperlihatkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Gobal Leader, Grant Thornton International Ltd, Francesca Lagerberg, mengatakan sangat menggembirakan melihat upaya yang sudah dilakukan ketika perusahaan-perusahaan midmarket meningkatkan upaya untuk mendorong kemajuan dan aksesibilitas ke posisi kepemimpinan untuk wanita. 

"Pada tahun 2018 kita melihat adanya peningkatan tajam dalam representasi wanita di tingkat senior, namun angka tahun ini tercatat stabil dan ini berarti bahwa perubahan di posisi senior masih akan terjadi," katanya.

Tahun ini terdapat peningkatan pada kesetaraan gender di level pemimpin tertinggi perusahaan-perusahaan. Jika tahun sebelumnya hanya 15 persen perusahaan di dunia yang posisi CEO atau Direktur Pelaksananya dijabat oleh wanita, tahun ini terjadi peningkatan menjadi 20 persen. Di Indonesia juga ada sedikit peningkatannya itu di angka 20 persen, dibanding tahun sebelumnya yang berada pada angka 19 persen.

Laporan Women in Business 2020 menunjukkan tiga posisi terbanyak yang diduduki wanita di jenjang manajemen senior di Indonesia yaitu Chief Finance Officer (CFO) sebanyak 48 persen, Human Resources Director sebanyak 26 persen, Chief Information Officer (CIO) sebanyak 25 persen.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, mengatakan, penting bagi perusahaan-perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong kemudahan akses bagi wanita-wanita untuk tumbuh dan berkembang. "Kesetaraan gender memberikan banyak manfaat bagi dunia usaha berkat sudut pandang yang lebih menyeluruh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement