Selasa 17 Mar 2020 15:28 WIB

Ruang Isolasi di RSUP Adam Malik Medan Penuh

Saat ini ada delapan pasien di ruang isolasi RSUP Adam Malik Medan.

Petugas keamanan berjaga di depan pintu masuk Ruang Isolasi RS.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Petugas keamanan berjaga di depan pintu masuk Ruang Isolasi RS.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDANG -- Ruang isolasi penanganan kasus terinfeksi virus coronatipe baru penyebab Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik sudah penuh. Itu setelah ada tambahan lima Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Sekarang sudah penuh. Kami punya delapan pasien,” kata Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP Adam Malik Medan dr Ade Rahmaini di Medan, Selasa (17/3).

Ia menyebutkan, dari 11 ruangan yang ada tersisa tiga yang digunakan untuk perawatan khusus, misalnya ventilasi mekanik maupun ICU ventilator. "Jadi sudah full untuk ruang isolasi kita. Sehingga bila ada tambahan PDP lagi maka akan dirujuk ke rumah sakit lain yang sudah ditetapkan sebagai pusat rujukan," ujar dia.

Kondisi itu, kata Ade, dapat berubah jika hasil pemeriksaan tiga PDP sebelumnya yang samplenya telah dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dinyatakan negatif Covid-19. "Kalau negatif, pasien dikeluarkan".

"Hasilnya kemungkinan baru akan keluar sekitar lima hari pascadikirimkan. Akan tetapi yang mengirimkan itu adalah dinas kesehatan," kita hanya menerima hasilnya saja," katanya.

Menurut Ade, delapan PDP tidak memiliki riwayat kontak dengan penderita positif Covid-19. Hanya saja mereka memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit, masing-masing Israel, Vietnam, dan juga Malaysia.

Pemerintah telah mengkonfirmasi 17 kasus Covid-19 baru sehingga total pasien yang positif terinfeksi SARS CoV-2 di Indonesia menjadi 134. Dari jumlah tersebut, delapan dinyatakan sembuh sedangkan lima orang meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement