Selasa 17 Mar 2020 13:55 WIB

Taiwan Desak China Hentikan Patroli Udara

Taiwan mengeluhkan China meningkatkan latihan di dekat wilayahnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Pemandangan Kota Taipei, Taiwan.(EPA)
Foto: EPA
Pemandangan Kota Taipei, Taiwan.(EPA)

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Angkatan Udara Taiwan kembali bergerak untuk memperingatkan jet China yang mendekat. Kondisi itu terjadi ketika Taipe berusaha fokus untuk melawan penyebaran virus corona.

Taiwan telah berulang kali mengeluh bahwa China telah meningkatkan latihannya di dekat pulau. China mengatakan, latihan semacam itu untuk melindungi kedaulatannya dan mengirim peringatan bahwa mereka tidak akan mentolerir langkah menuju kemerdekaan formal bagi Taiwan.

Baca Juga

Dalam aksi terakhir, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pesawat tempur J-11 China dan KJ-500 mengudara dengan pesawat peringatan dini, Senin (16/3) mala. Pengawasan terbang ke arah perairan barat daya Taiwan untuk latihan malam hari. Selama periode ini, pesawat China mendekati Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan.

"Setelah pengintaian udara dan pesawat patroli kami merespons dengan tepat, dan menyiarkan (perintah) untuk mengusir mereka, pesawat Komunis terbang menjauh dari Zona Identifikasi Pertahanan Udara kami," ujar Kementerian Pertahanan Taiwan.

Militer Taiwan terus mengawasi Selat Taiwan dan sekitarnya untuk memastikan keamanan pulau itu. Dengan patroli yang dilakukan, Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan agar warganya tidak perlu khawatir.

China sebelumnya telah menerbangkan pesawat yang disebut sebagai latihan pengepungan pulau. Aksi itu dilakukan sejak 2016 ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pertama kali menjabat. Beijing meyakini Tsai, yang kembali memenangkan pemilihan ulang pada Januari, adalah pendukung kemerdekaan. Tsai mengatakan Taiwan sudah menjadi negara merdeka yang memiliki nama resmi Republik China.

Taiwan telah melaporkan penyebaran virus corona terhadap 67 orang dengan jumlah kematian satu orang. Wabah virus telah memperburuk hubungan yang sudah buruk antara Taiwan dan China, dengan kedua belah pihak menuduh satu sama lain menyebarkan berita palsu. Taiwan juga marah karena China memblokir aksesnya ke Organisasi Kesehatan Dunia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement