Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Sensasi Pedas Kuliner Ayam

Selasa 17 Mar 2020 13:09 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Satya Festyiani

Ayam Geprek Om Tian menyediakan berbagai macam sambal untuk melengkapi ayam gepreknya. (Dok. Ayam Geprek Om Tian)

Ayam Geprek Om Tian menyediakan berbagai macam sambal untuk melengkapi ayam gepreknya. (Dok. Ayam Geprek Om Tian)

Foto: Dok. Ayam Geprek Om Tian
Menu-menu kuliner dalam negeri tidak kalah kualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, Menu ayam masih menjadi favorit banyak kalangan. Olahan ayam kreatif dan unik cukup menarik minat para milenial. Namun, milenial juga menghargai kualitas sebuah masakan. 

Baca Juga

'Ayam Geprek Juara' yang memiliki 100 outlet seluruh Indonesia menawarkan nuansa nyaman dan kekinian. Gerai dihiasi desain poster menarik untuk menunjukkan eksistensi pelanggan di sosial media terutama untuk generasi milenial. Untuk menunya, Ayam Geprek Juara ingin menghadirkan keunggulan lewat sambalnya yang segar. Gerai mengusung konsep dapur terbuka melalui proses pembuatan sambel korek yang diulek di depan pelanggan.

"Keunggulan dari menunya juga kita sambalnya segar, diulek bahkan di depan konsumen," ujar pengelola Media Pusat Ayam Geprek Juara, Arman Munandar.
Pelanggan bisa prasmanan mengambil nasi sekenyangnya dan es teh tawar pemadam kepedasan sepuasnya. Selain itu, pelanggan bisa mengambil lalapan sepuasnya dengan satu ayam geprek crispy dibalur pedasnya sambal korek yang segar, berlaku untuk semua kalangan masyarakat Indonesia tanpa mengenal syarat dan ketentuan berlaku.

Arman mengaku belum tahu tren kuliner ayam berlangsung sampai kapan, tetapi sepertinya akan tetap lama. Pelanggan 'Ayam Geprek Juara', menurut Arman biasanya lebih suka menikmati langsung menu di gerai dengan kondisi yang masih hangat. Namun, pesanan melalui aplikasi juga tetap banyak dipilih seiring waktu.

Menu utama yang ditawarkan, ada Ayam Sambal Korek, Sambal Ijo, dan Mozarella. Menu paling laris adalah Ayam Sambal Korek yang merupakan ayam goreng crispy yang digeprek langsung dengan cabai. Tingkat kepedasannya bisa dipesan sesuai selera. Sambal korek yang segar ini dijamin bisa menambah nafsu makan. Satu paket Ayam Geprek Juara hanya Rp 15 ribu termasuk nasi, es teh tawar dan lalapan yang bisa nambah sepuasnya dan Rp 12 ribu tanpa nasi.

Lalu ada ayam goreng yang digeprek dengan cabai hijau. Cocok sekali untuk yang tidak terlalu suka pedas. Bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda dari biasa, menu seharga Rp 17 ribu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk memanjakan lidah. Ada juga ayam goreng biasa yang dipadu dengan cabai hijau. Tidak ketinggalan, menu yang juga diganderungi, ayam geprek dengan saus mozarella. Ini merupakan ayam goreng crispy yang telah digeprek dan diberi sambal, ditambah dengan mozzarella di atasnya. Semprotan sorot api membuat Ayam Geprek semakin lezat dinikmati. Hanya dengan Rp 22 ribu, Ayam Geprek Mozzarella bisa dinikmati bersama nasi panas, es teh tawar, dan lalapan yang bisa diisi ulang. Bagi yang ingin menikmati rasa original dari ayam goreng, ada juga ayam goreng yang ditambah dengan rasa original dari cabai mentah. Menu ini pasti akan membuat suasana makan tambah 'seuhah'.

Pemilik usaha 'Ayam Gaplok', Elisa Viktoria juga melihat menu ayam sebagai kuliner yang akan terus dicari dan tidak lekang oleh waktu. Merek atau brand masa kini untuk kuliner ayam terbilang unik-unik. "Menurut saya kuliner ayam akan terus ada ya tren nya, itu selamanya, kayak MCD aja ada terus kok," ujar Elisa.

Anak bangsa, menurutnya juga perlu didukung kreativitasnya. Menu-menu kuliner dalam negeri tidak kalah kualitas, terutama dari aneka rempahnya. Ayam Gaplok memiliki menu ayam sambal matah, ayam bakar dimadu, sate gaplok dan yang paling laris menu 'ayam gamplok dada fillet digoreng crunchy'. Ada juga ayam goreng pedas ijo lumut dengan sambal rawit hijau di atasnya. Sensasi rasa menu ini dijamin membuat pelanggan remuk dan pedas. Pelengkap menu-menu ayam yang juga bisa dipilih, antara lain, keripik kentang, telur balado dan lalapan.

Meskipun menyediakan menu ayam dengan sambal-sambal segar yang banyak digemari, Ayam Gaplok juga mengusung konsep ramah anak-anak. Semua menu rata-rata 'good for kids'. "Kenapa banyak yang suka crunchy karena crispy dan kalau untuk anak-anak juga pada suka dan bisa tanpa sambal, dengan sambal pun pedasnya berasa," ujar Elisa. Menu crunchy disuguhkan dengan tepung terigu pilihan yang membuat teksturnya lembut di lidah. Sedangkan sambal yang ditawarkan juga khas dengan tingkat kepedasannya yang pas. Pembeli juga bisa memilih level mulai dari dua hingga 10.

Elisa menyebutkan pemesanan saat ini memang lebih banyak melalui layanan aplikasi antar makanan. Trafik pesanan paling ramai adalah pada saat makan siang. Media sosial dianggap sangat penting di era sekarang, terutama untuk mengumumkan promo-promo Gaplok. Selain harga-harga spesial, baru-baru ini Ayam Gaplok juga memberikan promosi untuk pengemudi ojek daring untuk mendapatkan satu menu dari satu pesanan pelanggan.  "Kita baru empat gerai di Jakarta, sudah rencana buka lagi di luar Jakarta," tambah Elisa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA