Selasa 17 Mar 2020 11:41 WIB

Imbas Corona, Seleksi Kompetensi CPNS Jatim Ditunda

Tes seleksi kompetensi bidang di Pemprov Jatim ditunda sampai pemberitahuan lain.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yudha Manggala P Putra
Peserta mengikuti Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Peserta mengikuti Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur Nur Kholis mengungkapkan, tes Seleksi Kompetensi Bidang untuk peserta CPNS di lingkup Pemprov Jatim 2020, diputuskan ditunda. Pelaksanaan SKB yang semula dijadwalkan dilaksanakan pada 26 Maret 2020, ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Nur Kholis menjelaskan, keputusan penundaan ini diambil setelah dilakukannya rapat koordinasi dengan pihak terkait. SKB diputuskan ditunda setelah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19. Sehingga, kata Nur Kholis, demi keamanan bersama pelaksanaan SKB diputuskan untuk ditunda.

“Kami berkoordinasi dengan BKN Kanreg dua di sini terkait adanya kabar bahwa akan ada penundaan SKB. Dan ternyata setelah kami konfirmasi BKN mengiyakan bahwa memang ada penundaan demi keamanan bersama,” kata Nur Kholis, Selasa (17/3).

Nur Kholis mengatakan, setelah adanya ratusan kasus terjangkitnya virus corona di dalam negeri, pemerintah, baik di pusat maupun di daerah meminta untuk menunda kegiatan yang melibatkan kerumunan massa, termasuk pelaksanaan tes SKB CPNS. Nur Kholis menegaskan, dirinya belum mengetahui hingga kapan penundaan dilakukan.

“Meski sudah diputuskan untuk ditunda, kami masih belum tahu kapan SKB akan dilakukan. Karena sebenarnya kami di daerah ini adalah bagian laksana saja, yang membuat kebijakan tetap pusat,” ujar Nur Kholis.

Nur Kholis mengatakan, saat ini pengumuman siapa saja yang lolos ke tahap SKB belum diumumkan. Rencananya pengumuman akan dilaksanakan pada 23 Maret 2020 serentak dengan arahan penjadwalan dari BKN.

Biasanya, kata Nur Kholis, pengumuman peserta yang lolos akan diikuti dengan detail pengumuman pelaksanaan tes tahap selanjutnya. Namun kali ini, kemungkinan hanya diumumkan siapa saja yang lolos ke tahap berikutnya. Tapi peserta belum akan mengetahui waktu dan tempat pelaksanaan tes SKB.

BKD Jawa Timur, kata Nur Kholis, akan menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat. Akan tetapi ia menegaskan jumlah peserta yang lolos adalah tiga kali jumlah formasi yang dibuka di Pemprov Jawa Timur.

“Tapi kami mengimbau pada seluruh peserta tes CPNS 2020 untuk tetap belajar agar bisa mendapatkan peluang untuk menjadi ASN Jatim dan juga tetap stand by menunggu kabar dari BKN maupun BKD Jawa Timur,” kata Nur Kholis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement