Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

BMKG: Waspadai Peningkatan Curah Hujan

Senin 16 Mar 2020 22:52 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan

Hujan (ilustrasi)(ABC News)

Hujan (ilustrasi)(ABC News)

Foto: ABC News
BMKG memprediksi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia bagian Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi peningkatan curah hujan yang akan terjadi  wilayah Indonesia bagian Barat. Hal ini disebabkan oleh adanya Gelombang atmosfer ( Rosbby Equator) yang terdapat di sebagian besar Sumatera, Selat Karimata dan Laut Jawa bagian Utara dan  adanya sirkulasi siklonik di perairan sebelah Barat Sumatera.  

Baca Juga

Kedua hal tersebut menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bag Barat sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan. "Wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 16 - 18 Maret 2020, antara lain Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat," ujar PLT Deputi Bidang Meteorologi BMKG Widada Sulistya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (16/3).

Selain itu, dia menambahkan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Lebih lanjut ia mengimbau agar masyarakat tetap

waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18; http://www.bmkg.go.id; follow @infobmkg; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA