Selasa 17 Mar 2020 04:40 WIB

Bupati Luwu Periksakan Diri Usai Cipika-Cipiki Menhub

Bupati Luwu Basmin Mattayang sempat bertemu Menhub belum lama ini

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) positif corona. Bupati Luwu Basmin Mattayang sempat bersalaman dan cium pipi kanan-kiri (cipika-cipiki) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu. Ilustrasi.
Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) positif corona. Bupati Luwu Basmin Mattayang sempat bersalaman dan cium pipi kanan-kiri (cipika-cipiki) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Bupati Luwu, Sulawesi Selatan, Basmin Mattayang menegaskan, dirinya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Ia mengaku tidak terinfeksi virus corona meski sempat bersalaman dan cium pipi kanan-kiri (cipika-cipiki) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

"Saya diisukan sudah sakit keras setelah bertemu Menhub, disebut tidak bisa makan lagi. Jelas itu tidak benar dan hoaks. Justru nafsu makan saya normal dan naik," ujar dia saat ngobrol santai dengan wartawan, di Makassar, Senin (16/3).

Baca Juga

Selama beberapa hari ini, dirinya ramai menjadi perbincangan bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah setelah bertemu dan menemani Menhub Budi melakukan kunjungan kerja. Basmin juga sudah melihat video dan foto yang viral di media sosial (medsos) saat dirinya menyambut Menhub Budi bersama rombongan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada 28 Februari 2020 untuk meninjau landasan pacu bandara di daerahnya.

Dia mengaku sudah memeriksakan diri di rumah sakit. Hasil pemeriksaan normal dengan suhu tubuh di angka 36 derajat Celsius. "Suhu tubuh saya normal, 36 derajat Celsius. Saya juga sudah memeriksakan diri di rumah sakit. Insya Allah masih dalam lindungan Allah SWT," katanya.

Sebelumnya, peristiwa Basmin melakukan cipika-cipiki dengan Menhub disebutnya terjadi pada Jumat (28/2). Saat itu Basmin menyambut Menhub yang tiba di Bandara Lagaligo Bua di Luwu. Menhub bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau landasan pacu bandara.

Adapun mengenai kondisi kesehatan dirinya, Basmin mengaku sangat sehat setelah melakukan pengecekan oleh tim medis atau dokter. Berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona, Basmin mengaku telah menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait, yakni pimpinan DPRD Luwu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Ketenagakerjaan Luwu.

Beberapa poin hasil rakor tersebut di antaranya aparat dan warga Luwu diharapkan mewaspadai kunjungan tamu, dari dalam dan luar negeri, khususnya negara yang terinfeksi corona. Warga juga diimbau membatasi kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak orang dan di luar rumah.

Selain ke masyarakat, untuk kalangan pegawai di lingkup pemerintah Luwu, Basmin menyatakan belum memberlakukan kerja di rumah. Namun, ia mengingatkan semua bawahannya untuk melakukan aktivitas di kantor dengan mengutamakan menjaga kesehatan dan kebersihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement