Senin 16 Mar 2020 20:23 WIB

Kemdikbud Berharap Swasta Bisa Edarkan Film Sejarah

Kemdikbud mendorong berbagai pihak untuk terus menciptakan film nasional bermutu

Pengunjung mengamati pameran sejarah perfilman nasional di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). (Antara/Wahyu Putro A)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pengunjung mengamati pameran sejarah perfilman nasional di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). (Antara/Wahyu Putro A)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap swasta bisa mengedarkan film bersejarah yang hak ciptanya dimiliki kementerian tersebut."Ada empat film bersejarah yang hak tayangnya dimiliki Kemendikbud yakni Darah dan Doa, Bintang Kecil, Kereta Terakhir, dan Pagar Kawat Berduri.

Kami berharap bisa menggandeng swasta contohnya Genflik bisa mengedarkan film tersebut," ujar Kapokja Apresiasi dan Literasi Film Ditjen Film, Musik, dan Media Baru, Direktorat Kebudayaan Kemendikbud, Edy Suwardi, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/3).

Kemendikbud mendorong insan film baik komunitas, bioskop dapat terus mencintai film Indonesia dan terus berkarya menghasilkan film yang menarik, banyak penonton dan memiliki makna yang baik. Pihaknya mendukung adanya Genflix Film Festival 2020 yang mengusung tema Indonesia Banget, yang diselenggarakan di Jakarta, mulai 12 Maret 2020.

Festival Film Genflix itu merupakan bentuk wujud nyata perusahaan dalam memberikan wadah bagi para pemuda Indonesia untuk menampilkan karya film pendeknya agar dikenal seluruh Indonesia. Festival tersebut dibuka proses pendaftarannya secara online pada laman genflixfilmfestival.com , sedangkan pengumuman pemenang rencananya akan dilakukan September 2020. 

Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo, Nyoman Adhiarna, berharap festival itu bisa menjadi wadah para sineas muda dalam menampilkan karya filmnya melalui aplikasi Genflix.

Direktur Genflix, Greeny Dewayanti, mengatakan festival itu wadah para sineas muda untuk mengangkat karya yang bercirikan kehidupan khas Indonesia, serta menjadi film pendek yang punya nilai seni dan karakter Indonesia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement