Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Satgas RSUA: 500 Pasien Lakukan Tes Covid-19

Senin 16 Mar 2020 19:12 WIB

Red: Hiru Muhammad

Warga berdoa bersama saat Apel Siaga Corona dan Doa Bersama di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/3/2020).(Antara/Didik Suhartono)

Warga berdoa bersama saat Apel Siaga Corona dan Doa Bersama di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/3/2020).(Antara/Didik Suhartono)

Foto: Antara/Didik Suhartono
Akibat keterbatasan fasilitas, RSUA hanya layani 100 orang perhari

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Satgas Corona Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya menyampaikan 500 pasien lebih telah melakukan tes COVID-19 sejak rumah sakit itu ditunjuk pemerintah sebagai salah satu salah satu tempat pengujian."Rata-rata per hari lebih dari 100 pasien," ujar Ketua Satgas Corona RSUA dr Prastuti Asta Wulaningrum kepada wartawan di Surabaya, Senin (16/3).

Dengan banyaknya pasien dan terbatasnya tenaga medis, maka per hari ini RSUA membatasi pasien hanya 100 orang sebagai upaya mengoptimalkan layananan kepada masyarakat."Tidak hanya itu, dengan 100 pasien per hari bisa meminimalisasi terjadinya interaksi antarpasien yang melakukan tes di Poli Khusus RSUA," katanya.

Masyarakat diminta tidak panik dan lebih dahulu mengenali gejala awal COVID-19 sebelum memeriksakannya ke RSUA sehingga pelayanan akan lebih maksimal. "Biasanya, kepanikan terjadi karena ketidaktahuan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, dari pasien yang melakukan tes, terdapat kategori orang-orang sehat tanpa gejala, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Saat ini,  tercatat sembilan pasien melakukan rawat inap, yang rinciannya tiga orang berstatus PDP dan enam orang ODP."Sebagian besar dari pasien yang melakukan tes COVID-19 di RSUA bisa melakukan rawat jalan," tuturnya.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA