Senin 16 Mar 2020 18:58 WIB

KKP dan KOMARI Gelar Acara Gerakan Makan Ikan Nasional

Gizi ikan mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan suatu bangsa.

Prof Rokhmin Dahuri memberikan ceramah pada acara Gerakan Makan Ikan Nasional (Gemarikan).
Foto: Dok Rokhmin Dahuri
Prof Rokhmin Dahuri memberikan ceramah pada acara Gerakan Makan Ikan Nasional (Gemarikan).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Pakar kelautan dan perikanan,  Prof   Rokhmin Dahuri selaku Koordinator Tim Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan memberikan ceramah tentang “Nilai Gizi Ikan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Manusia serta Strategi Peningkatan Kesejahteraan Nelayan”.  

Pakar kelautan dan perikanan itu menyampaikan ceramah tersebut pada Acara GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan Nasional) di Tempat Pelelangan Ikan Baro, Gebang Mekar, Cirebon, Jawa Barat, Senin (16/3).

“Gizi ikan berdampak terhadap kesehatan dan kecerdasan suatu bangsa. Karena itu, masyarakat perlu didorong agar gemar makan ikan,” kata Prof Rokhmin Dahuri dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Acara itu merupakan  kerja sama KOMARI (Komunitas Maritim Indonesia) dengan Ditjen Peningkatan Daya Saing, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).  “Acara dihadiri oleh sekitar 300 nelayan, pengolah ikan, dan pedagang ikan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes,” ujarnya putra daerah Cirebon itu.

Ia menambahkan, hadir pula Ir Machmud MSc (direktur Pemasaran, KKP); Henry Sutiyoso (ketum KOMARI),  Yuningsih (anggota DPRD Provinsi  Jabar); Kepala Dinas KP Jabar; Kepalas Dinas KP Kabupaten  Cirebon;  dan sejumlah pengusaha perikanan. 

“Acara juga diisi dengan lomba masak ikan, cerdas cermat seputar ikan, dan penyuluhan ttg cara penanganan ikan hasil tangkapan nelayan yang terbaik (best handling practices),” kata Ketua Dewan Pakar MPN (Masyarakat Perikanan Nusantara) itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement