Senin 16 Mar 2020 18:46 WIB

Legenda City Sanjung Pep Guardiola Sebagai Pelatih Terbaik

Francis mengapresiasi pilihan taktik yang diterapkan Guardiola.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester City Pep Guardiola(EPA-EFE/NEIL HALL )
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pelatih Manchester City Pep Guardiola(EPA-EFE/NEIL HALL )

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Berbagai masalah yang melanda Manchester City ternyata tak mengurangi pujian pada Pep Guardiola. Kali ini, sanjungan datang dari pemain legendaris City era 1970-an, Francis Lee.

Francis merasa taktik Guardiola terbukti ampuh selama 3,5 tahun terakhir. Sejumlah prestasi dibawa pulang ke Etihad Stadium sepanjang kurun waktu tersebut.

"Saya pikir, Pep adalah pelatih terbaik yang pernah saya lihat. Saya menilai dengan bijak dan saya pikir Pep telah mengubah jalannya pertandingan," kata Francis dilansir dari situs resmi City pada Senin (16/3).

Francis tercatat pernah bertugas sebagai pemilik klub sepanjang 1994-1998. Ia mengapresiasi pilihan taktik yang diterapkan Guardiola.

"Pep selalu memikirkan strategi degan baik dan dia melibatkan pemain secara apik dalam strategi itu. Contohnya, lihat saja ketika kami bermain di Old Trafford untuk Piala Carabao (Piala Liga) dan melawan Aston Villa di Liga Primer Inggris," ujar Francis.

Francis menyebut ada dua kelebihan Guardiola dibanding pelatih lain. Pertama, cara Guardiola menganalisa lawan. Kedua, cara Guardiola melatih dan menjaga fisik pemainnya.

"Dia punya 22 pemain top yang bersaing untuk 11 posisi pemain utama, tapi persaingan berjalan menyenangkan. Tentunya tidak mudah melakukan itu, tapi ternyata dia mampu," ucap Francis.

Diketahui, Francis bukan pesepak bola sembarangan buat fan City. Francis pernah membawa the Citizens menjuarai Liga Primer, Piala FA, Piala Liga, dan Piala Eropa. Total sudah 150 gol diproduksinya buat City.

"Pep sudah membuat perubahan. Dia memilih permainan di belakang lapangan untuk memberi ruang di sisa bagian lapangan. Permainan mereka makin menyenangkan disaksikan," kata Francis menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement