Senin 16 Mar 2020 17:48 WIB

Wakil Gubernur Abdul Fatah Ajak Masyarakat Gunakan QRIS

Hari ini setiap Bank Indonesia di seluruh Indonesia melaksanakan pekan QRIS

Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung, Abdul Fatah menghadiri kegiatan puncak Pekan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Nasional 2020 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kep. Bangka Belitung, Ahad (15/03).   Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Perw
Foto: istimewa
Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung, Abdul Fatah menghadiri kegiatan puncak Pekan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Nasional 2020 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kep. Bangka Belitung, Ahad (15/03). Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Perw

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung, Abdul Fatah menghadiri kegiatan puncak Pekan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Nasional 2020 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kep. Bangka Belitung, Ahad (15/03). 

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Tantan Heroika. Selain itu juga hadir Dinas Kesehatan Provisi Kep. Babel, Forkopimda Kep. Babel, serta masyarakat Kep. Bangka Belitung.QR Code

Pada hari ini setiap Bank Indonesia di seluruh Indonesia melaksanakan pekan QRIS Nasional 2020. Untuk menyosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran dengan menggunakan scan QR code yang sudah ditetapkan standarnya oleh Bank Indonesia agar memudahkan pengguna aplikasi dalam bertransaksi menggunakan QR code yang cepat, tepat, dan aman hanya dalam satu genggaman."Satu untuk semua," ungkap Wagub Abdul Fatah.

"Memasuki era revolusi, seluruh aktivitas harus dilakukan secara cepat dan tepat. Maka, Bank Indonesia keluar memberikan solusi pada masyarakat Bangka Belitung," katanya. 

Banyaknya aplikasi pembayaran yang tersebar sering menyediakan kode QR yang berbeda-beda, sehingga dapat membuat masyarakat yang suka melakukan transaksi menggunakan kode QR bingung untuk menentukan aplikasi yang digunakan. Dengan QRIS, masyarakat tidak akan bingung untuk melakukan transaksi karena kode QR yang digunakan akan disamakan. 

Tujuan semata-mata bagaimana mendorong perekonomian nasional dan Kep. Babel tumbuh lebih tinggi dan cepat. "Ini akan memberikan manfaat buat ekonomi, sehingga percepatan ekonomi peningkatan ekonomi bisa terlaksana dengan baik," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kep. Babel Tantan Heroika. 

QRIS bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat dan bisa dilakukan di domestik maupun luar negeri dalam satu genggaman. Apapun aplikasinya, cukup dengan satu kode QR. Karena, biasanya setiap penyelenggara jasa sistem pembayaran menyediakan kode QR yang berbeda-beda.

Sejak 1 Januari 2020, penerbit kode QR dari negara manapun harus menggunakan kode QR dengan standar Indonesia agar data-data lebih tercatat dan perputaran uang akan terjadi langsung di Indonesia.

Kegiatan puncak Pekan QRIS Nasional 2020 ini juga dibarengi dengan kegiatan jalan sehat dengan tujuan mengajak masyarakat menerapkan gerakan sehat, apalagi dengan hebohnya wadah pandemik Covid-19.

Selain itu, terdapat bazar UMKM dan partisipasi masyarakat dalam melakukan Senam Bedincak untuk memeriahkan kegiatan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement