Senin 16 Mar 2020 16:17 WIB

Manfaat Istinsyaq dalam Wudhu: Mencegah Tumor dan Infeksi

Istinsyaq dalam wudhu memiliki manfaat seperti mencegah tumor dan infeksi.

Manfaat Istinsyaq dalam Wudhu: Mencegah Tumor dan Infeksi . Foto: Berwudhu (ilustrasi)(Reuters/Rayaz Kabli)
Foto: Reuters/Rayaz Kabli
Manfaat Istinsyaq dalam Wudhu: Mencegah Tumor dan Infeksi . Foto: Berwudhu (ilustrasi)(Reuters/Rayaz Kabli)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dr Ade Hashman dalam bukunya yang berjudul Rahasia Kesehatan Rasulullah menjelaskan, istinsyaq atau menghirup air ke dalam hidung lalu dibuang kembali, merupakan suatu perbuatan yang mungkin tidak akan pernah dilakukan orang (apalagi secara rutin), kecuali jika ia berwudhu. Mengutip pernyataan ahli bedah tumor, Dr Bahar Azwar, SP.B.Onk, Ade menjelaskan, jika terdapat tumor yang letaknya tersembunyi di dalam hidung maka aliran air di dalam hidung yang menyapu area nasofaring tersebut akan menimbulkan pendarahan. Dengan demikian, kegiatan ini merupakan deteksi dini bagi penderita tumor di daerah nasofaring.

Struktur jalan nafas melalui hidung merupakan basis pertahanan pertama pernapasan dan merupakan wilayah yang terbuka langsung dengan dunia luar. Dalam rongga hidung juga dihuni banyak kuman, seperti streptoccus, pneumonia, neisseria, dan hermophilus sp, sehinga di samping saluran pencernaan, saluran pernapasan merupakan pintu masuk yang sangat mudah bagi banyak penyakit infeksi.

Baca Juga

Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dipastikan merupakan penyakit terbanyak (No 1 dari 10 besar penyakit) yang diderita masyarakat yang terdata di berbagai Puskesmas.

"Dengan istinsyaq maka ada upaya membersihkan selaput dari lendir hidung yang mungkin terkontaminasi oleh udara kotor serta kuman,"kata dr Hashman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement