Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Kelas Online Gratis Ruang Guru Sudah Bisa Diakses Hari Ini

Senin 16 Mar 2020 14:45 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah

Ruang Guru membuka sekolah online gratis melalui aplikasinya terkait wabah corona (Foto: Ilustrasi aplikasi belajar online)

Ruang Guru membuka sekolah online gratis melalui aplikasinya terkait wabah corona (Foto: Ilustrasi aplikasi belajar online)

Foto: Pixabay
Ruang Guru membuka sekolah online gratis melalui aplikasinya terkait wabah corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang Guru membuka sekolah online gratis melalui aplikasi. Pendiri dan Direktur Utama Ruang Guru, Belva Devara mengatakan diadakannya sekolah online gratis ini merupakan bentuk tanggapan dari upaya peningkatan keamanan anak Indonesia atas situasi Covid-19.

"Kami berpikir bahwa perlu untuk membuat sekolah online Ruang Guru yang gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Jadi, setiap harinya dari jam 8 pagi hingga 12 siang ini masih berlanjut," kata Belva, dalam taklimat media di akun youtube Ruang Guru, Senin (16/3).

Ia menjelaskan, setiap harinya akan dibuka 15 kanal yang mencakup seluruh jenjang sekolah termasuk SMA kelas IPA dan IPS. Kelas paralel yang disiapkan tersebut setiap harinya memiliki jadwal yang berbeda. Pelajaran yang disampaikan juga terkait dengan semua yang ada di sekolah.

"Yang menyampaikan adalah master teacher atau guru terbaik dari Ruang Guru. Di situ juga ada live chat, dimana siswa juga bisa berinteraksi," kata Belva.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha menstimulasikan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah melalui aplikasi Ruang Guru. Semuanya tidak dipungut biaya dan bersifat gratis.

Belva mengungkapkan masih belum tahu sampai kapan fasilitas ini akan diberikan, karena ide program ini pun mendadak. Semuanya baru disiapkan sejak kemarin dan dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Sebanyak 15 kelas, masing-masing mendapatkan waktu empat jam. Setiap harinya, Ruang Guru harus menyiapkan 60 jam konten untuk fasilitas baru ini. Meskipun demikian, Belva menegaskan, hal ini dilakukan semata-mata bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia.

"Ini direspon baik oleh masyarakat. Jadi di appstore, Ruang Guru hari ini peringkat pertama mengalahkan TikTok untuk pertama kalinya. Jadi ternyata, di tengah wabah ini anak-anak masih tetap semangat untuk belajar. Dan itu yang mau kami dorong terus," kata Belva.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA