Senin 16 Mar 2020 13:45 WIB

Manfaat Semangka, Buah yang Pernah Dimakan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad pernah memakan semangka beserta ruthab.

Manfaat Semangka, Buah yang Pernah Dimakan Nabi Muhammad. Foto: Buah semangka, ilustrasi()
Manfaat Semangka, Buah yang Pernah Dimakan Nabi Muhammad. Foto: Buah semangka, ilustrasi()

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan at-Timrdizi, Nabi Muhammad SAW pernah makan semangka yang dicampur dengan ruthab (kurma matang yang masih basah). Beliau SAW bersabda: "Panas di buah ini dinetralisasi oleh unsur dingin di buah ini."

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya yang berjudul Ath-Thibb an-Nabawi menjelaskan, hadist mengenai Nabi memakan semangka dan ruthab ini ada beberapa. Namun, yang sahih hanya hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi.

Baca Juga

Mengenai makannya, Ibnu Qayyim menyarankan buah ini dikonsumsi sebelum makan. Sebagian kalangan medis menyatakan, "Bila dikonsumsi sebelum makan, dapat mencuci perut dan menghilangkan penyakit dalam lambung."

Sementara itu, dilansir dari Boldsky, disebutkan sejumlah manfaat lainnya dari semangka untuk anak-anak. Untuk anak usia di atas 2 tahun, buah ini sangat membantu menjaga keseimbangan air, terutama selama musim panas, anak dapat terhindar dari dehidrasi.

 

Semangka juga mengandung betakaroten dan vitamin A. Anak cenderung membutuhkan vitamin ini untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan gigi. Nutrisi pada semangka dapat mencegah gangguan penglihatan, masalah jantung, dan beberapa masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Kemudian, anak juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan magnesium demi pertumbuhan otot maupun fungsi saraf. Semangka menawarkan kedua manfaat tersebut.

   

Semangka juga mengandung vitamin B6, niasin, riboflavin, dan tiamin. Vitamin ini diperlukan dalam tahap berkembang. Selanjutnya, semangka kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik, terutama untuk anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement