Senin 16 Mar 2020 10:44 WIB

Astronom Inggris akan Jelajahi Objek Antarbintang Oumuamua

Oumuamua adalah objek pertama ruang antarbintang yang terlihat oleh para astronom.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Oumuamua, Benda langit yang pernah disangka kapal Alien(Euronews/M Kornmesser ESO via AFP-Getty Image)
Foto: Euronews/M Kornmesser ESO via AFP-Getty Image
Oumuamua, Benda langit yang pernah disangka kapal Alien(Euronews/M Kornmesser ESO via AFP-Getty Image)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim ilmuwan Inggris telah mengusulkan misi untuk menjelajahi Oumuamua. Oumuamua adalah objek pertama dari ruang antarbintang yang terlihat oleh para astronom menjelajahi tata surya.

"Kami sekarang tahu misi semacam itu, setidaknya secara prinsip, dapat dicapai," kata perwakilan Initiative for Interstellar Studies, Adam Hibberd.

Baca Juga

Misi yang diusulkan, yang oleh Initiative for Interstellar Studies disebut Proyek Lyra. Proyek ini akan menghadapi tantangan luar biasa, mulai dari logistik, keuangan, hingga fisika murni.

Oumuamua saat ini sedang meluncur mundur dari tata surya. Dan setiap tahun tambahan, ia menempuh jarak yang kira-kira sama dengan perjalanan dari Bumi ke Jupiter yang jauh dari kita.

Secara berlawanan, Hibberd dan rekan-rekannya mengusulkan menunggu untuk meluncurkan misi ke Oumuamua hingga tahun 2030. Menurut ilmuwan, saat itu merupakan saat di mana Jupiter akan berada dalam posisi untuk mendorong cepat misi ke arah objek yang jauh dengan kecepatan luar biasa.

Namun, selama 10 tahun sebelum misi tersebut, Hibberd mengatakan bahwa kita dapat melihat objek antarbintang yang lebih mudah diakses. Ini artinya sumber daya kemudian dapat dialihkan ke misi ruang angkasa yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement