Senin 16 Mar 2020 09:39 WIB

Jamaah 10 Masjid di Singapura Diminta Pantau Kesehatan

Lima warga Singapura positif corona setelah menghadiri tabligh di Malaysia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah 10 Masjid di Singapura Diminta Pantau Kesehatan. Masjid Jamae atau Masjid Chulia di Jalan South Bridge distrik Chinatown Singapura.(Republika/Idealisa Masyrafina)
Foto: Republika/Idealisa Masyrafina
Jamaah 10 Masjid di Singapura Diminta Pantau Kesehatan. Masjid Jamae atau Masjid Chulia di Jalan South Bridge distrik Chinatown Singapura.(Republika/Idealisa Masyrafina)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Setelah menghadiri pertemuan keagamaan besar di sebuah masjid di Kuala Lumpur, lima warga Singapura kembali dan dinyatakan positif Covid-19. Dilansir di Straits Times, Ahad (15/3), pada saat itu, mereka telah mengunjungi 10 masjid di Singapura selama masa infeksi mereka.

Dewan Agama Islam Singapura (Muis) dalam sebuah pernyataan mengatakan orang yang mengunjungi masjid-masjid ini selama jangka waktu tertentu mungkin telah terkena kasus Covid-19. Masjid yang terkena dampak adalah Masjid Al-Iman, Masjid Al-Muttaqin, Masjid Hajjah Fatimah, Masjid Hajah Rahimabi Kebun Limau, Masjid Kassim, Masjid Petempatan Melayu Sembawang, Masjid Sultan, Masjid Al-Mawaddah, Masjid Jamae (Chulia), dan Masjid Al-Istiqamah.

Baca Juga

Kasus-kasus (pasien) yang dikonfirmasi telah mengunjungi masjid-masjid ini di berbagai periode waktu dari 3 hingga 11 Maret. Muis menyarankan jamaah yang telah mengunjungi masjid-masjid ini memantau kesehatan mereka selama dua pekan sejak kunjungan terakhir mereka ke masjid yang terkena dampak.

Mereka harus waspada terhadap gejala demam atau pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan, pilek atau sesak napas, dan segera melakukan pemeriksaan medis jika mereka memiliki gejala ini atau merasa tidak sehat. Mereka juga harus mengenakan masker dan menghubungi klinik sebelum kunjungan untuk memberi tahu dokter klinik tentang kehadiran mereka di kegiatan yang terkena dampak terkait dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Menteri Urusan Muslim Masagos Zulkifli mendesak warga Singapura yang ingin menghadiri pertemuan serupa di luar negeri untuk meninjau rencana mereka karena langkah-langkah jarak sosial mungkin tidak diterapkan secara ketat oleh penyelenggara. "Jika Anda memutuskan pergi atau silakan laporkan diri Anda kepada pihak berwenang setelah Anda kembali," katanya dalam sebuah posting Facebook.  

Ini adalah masa-masa yang sulit, tetapi dia seluruh pihak telah mengerahkan semua sumber daya untuk mencegah virus ini. Dalam pernyataannya, Dewan juga mengingatkan anggota masyarakat bertanggung jawab secara sosial dan melakukan kebersihan pribadi.

Temui dokter ketika tidak sehat, bahkan dengan gejala mirip flu ringan, dan tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Anggota masyarakat juga harus tetap ke dokter keluarga yang sama untuk kesinambungan perawatan yang lebih baik, mengisolasi diri di rumah ketika tidak sehat dan seperti yang disarankan oleh dokter, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, dan menghindari menyentuh wajah mereka.

Mereka juga harus menghindari pertemuan komunitas besar dan pertemuan keagamaan besar di luar negeri selama periode ini. Jamaah juga diimbau menunda perjalanan yang tidak penting ke China daratan, Prancis, Jerman, Iran, Italia, Jepang, Korea Selatan, dan Spanyol.

Pengumuman Muis datang setelah semua 70 masjid di Singapura ditutup selama lima hari untuk pembersihan mulai Jumat (13/3). Masjid ditutup sebagai langkah pencegahan untuk penyebaran virus corona.

Sekitar 90 warga Singapura termasuk di antara 10 ribu orang dari berbagai negara yang menghadiri pertemuan keagamaan massal yang diadakan di sebuah masjid di Selangor antara 27 Februari dan 1 Maret. Sedikitnya 37 warga Brunei dan 77 warga Malaysia yang menghadiri pertemuan itu, atau yang merupakan kontak dekat para peserta, juga dinyatakan positif, menurut laporan media.

"Ada kemungkinan lebih banyak kasus muncul dari orang-orang yang telah mengunjungi masjid, atau menyebar lebih lanjut ke kontak dekat mereka," kata Muis, menambahkan bahwa ia secara aktif membantu Kementerian Kesehatan dalam upayanya melakukan pelacakan kontak untuk membatasi penyebaran virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement