Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

BSNP: Pemda Bisa Minta UN Bisa Dijadwal Ulang

Ahad 15 Mar 2020 19:46 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ratna Puspita

Siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Ilustrasi)(Republika/ Yasin Habibi)

Siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Ilustrasi)(Republika/ Yasin Habibi)

Foto: Republika/ Yasin Habibi
BNSP menegaskan UN tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menegaskan ujian nasional (UN) di sekolah umum/madrasah tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Namun, pemerintah daerah dapat mengajukan penjadwalan ulang UN. 

Baca Juga

Ketua BSNP Abdul Mu'ti mengatakan pemerintah daerah (pemda) dapat menyampaikan permintaan penundaan kepada penyelenggara UN di tingkat pusat. "Pemerintah provinsi atau kabupaten/kota yang menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya maka UN dapat dijadwalkan lagi setelah berkoordinasi dengan penyelenggara dan panitia UN di tingkat pusat," ujarnya saat dihubungi Republika, Ahad (15/3).

Artinya, dia menambahkan, bagi pemerintah daerah yang menghendaki perubahan bisa menyampaikan kepada BSNP untuk kemudian ditetapkan jadwal baru. "Hingga saat ini DKI Jakarta dan beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Tengah menyampaikan penundaan pelaksanaan UN (jenjang) sekolah menengah kejuruan (SMK)," katanya.

Ia menambahkan hal tersebut mengacu prosedur operasional standar (POS) UN yang ditetapkan BSNP. Prosedur lainnya, yakni pemerintah provinsi atau kabupaten/kota yang tidak menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya maka UN tetap dilaksanakan sesuai jadwal, POS, dan protokol UN yang ditetapkan BSNP. 

Abdul Mu'ti menambahkan, kebijakan terkait virus corona itu telah dinyatakan dalam surat edaran BSNP bernomor 0114/SDAR/BSNP/III/2020 tertanggal 14 Maret 2020. Surat ini, dia menambahkan, telah ia tandatangani dan tembusan telah diberikan ke Menter Pendidikan dan Kebudayaan hingga jajaran eselon 1 yaitu direktur jenderal hingga sekretaris jenderal Kemendikbud.

Sebagaimana ditetapkan dalam POS, Ujian Nasional 2019/2020 akan dimulai dari jenjang SMK pada Senin (16/3). Selanjutnya, UNBK tingkat sekolah menengah atas (SMA)/madrasah aliyah (MA) akan dilaksanakan pada Senin (30/3). Dilanjutkan UN untuk pendidikan kesetaraan Paket C pada Sabtu (4/4). Sedangkan jenjang sskolah menengah pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), pada Senin (20/4), serta Paket B pada Sabtu (2/5).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA