Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Ketua Bawaslu: Semoga Corona tak Ganggu Tahapan Pilkada

Sabtu 14 Mar 2020 20:32 WIB

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Hafil

 Ketua Bawaslu: Semoga Corona tak Ganggu Tahapan Pilkada . Foto: Pilkada (ilustrasi)(Republika/ Wihdan)

Ketua Bawaslu: Semoga Corona tak Ganggu Tahapan Pilkada . Foto: Pilkada (ilustrasi)(Republika/ Wihdan)

Foto: Republika/ Wihdan
Bawaslu berharap kasus corona bisa segera diatasi.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) berharap penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah di tanah air tidak mengganggu pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Sebagaimana diketahui sebanyak 270 daerah di Indonesia bakal melaksanakan pilkada serentak, pada 23 September 2020 mendatang dan bebebrapa daerah di antaranya kini tengah merebak virus Corona.

"Semoga merebaknya kasus corona disejumlah wilayah di Indonesia tidak mengganggu tahapan pilkada serentak 2020," kata Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH, di sela melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Kabupaten Semarang, Sabtu (14/3).

Abhan juga berharap, dengan segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah baik pusat maupun daerah dalam melokalisir dan meminimalisir, maka penyebaran virus corona, bisa segera mereda.

"Mudah-mudahan corona tidak akan berlama- lama di indonesia. Sehingga tahapan pilkada akan tetap berjalan sesui dengan jadwal yang sudah ditetapkan," tambahnya.

Ia juga mengatakan, Bawaslu RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 6706/Bawaslu/SJ/KP.10.00/IIII/2020 tentang himbauan pencegahan penularan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) tanggal 12 Maret 2020.

Imbauan ini merupakan langkah antisipasi yang hatus ditaati oleh jajaran Pengawas di Indonesia agar terhindar dari penularan virus korona. Abhan berpesan kepada jajaran Pengawas diseluruh Indonesia agar tidak panik menghadapi ancaman virus korona ini. Namun yang terpenting adalah selalu berikhtiar menjaga kesehatan masing- masing.

Mulai dari individu hingga di lingkungan masing- masing agar penularan wabah corona ini tidak menjadi terlalu melebar, termasuk juga mendoakan semuanya, bangsa Indonesia agar cepat selesai menangani virus corona ini.

"Sehingga tidak berdampak lebih luas, termasuk menganggu tahapan pilkada serentak yang akan digelar di seluruh indonesia, termasuk di Kabupaten Semarang," tegas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini.

Ia juga tak mau berandai- andai perihal langkah apa yang bakal diambil Bawaslu RI, jika tahapan pilkada serentak ikut terdampak oleh penyebaran virus Corona ini.

Sebab persoalannya akan semakin pelik. Misalnya pada saat kampanye dengan konsentrasi massa dalam jumlah banyak kan sulit dihindari. "Yang penting kita harus optimis, masalah virus Corona inj bisa teratasi dengan cepat," kata Abhan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA