Sabtu 14 Mar 2020 16:01 WIB

UNICEF Indonesia Minta Orang Tua Edukasi Anak Soal Corona

Orang tua hendaknya punya informasi cukup soal corona

Rep: Mimi Kartika/ Red: Christiyaningsih
Orang tua hendaknya punya informasi cukup soal corona. Ilustrasi.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Orang tua hendaknya punya informasi cukup soal corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spesialis Komunikasi untuk Perubahan Perilaku Unicef Indonesia, Rizky Ika Safitri, meminta orang tua mengedukasi anak-anak terkait virus corona. Orang tua harus mempunyai informasi yang cukup agar dapat mengajak anak-anak melakukan pencegahan penyakit akibat infeksi virus corona.

"Misalnya cuci tangan pakai sabun. Apakah orang tuanya pernah mendiskusikan itu kepada anaknya. Tahu enggak cara bagaimana cuci dengan benar," ujar Rizky di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (14/3).

Baca Juga

Rizky mempertanyakan pemahaman masyarakat tentang apa yang harus dilakukan untuk melindungi dirinya. Ia masih melihat orang-orang masih berpergian ke tempat-tempat umum seperti mal dan taman.

Sebelum memberikan informasi kepada anak-anak, orang tua harus membekali diri dengan berbagai informasi yang terpercaya seperti dari Kementerian Kesehatan atau Lembaga Kesehatan Dunia (WHO). Orang tua harus memastikan anak-anak tetap tenang dan tidak panik.

"Dan memastikan anak-anak tetap tenang, tidak panik. Ini ada konsekuensi yang cukup serius buat anak-anak kalau itu tidak diperhatikan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement