Sabtu 14 Mar 2020 14:40 WIB

10 Perusahaan di Batang Terancam Tutup Akibat COVID-19

Perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu di Batang terancam tutup

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu di Batang terancam tutup. Ilustrasi.
Foto: FAO
Perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu di Batang terancam tutup. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG - Sebanyak 10 perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, kini terancam tutup. Perusahaan-perusahaan tersebut terancam tutup akibat terkena dampak COVID-19.

"Sudah ada laporan sejumlah perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu mengalami kesulitan keuangan karena ada pembatasan, bahkan dihentikannya impor bahan baku dari China," kata Bupati Batang, Wihaji di Batang, Sabtu (14/3).

Baca Juga

Jika pasokan bahan baku produksi pengolahan kayu terhenti dan ekspornya terus terhambat, maka dipastikan akan mengganggu finansial perusahaan sehingga berdampak pula pada pekerja. "Kami berharap semoga wabah COVID-19 ini bisa cepat mereda dan selesai karena kasus penyebaran virus corona ini berpengaruh sekali terhadap perekonomian di Indonesia, termasuk Kabupaten Batang," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa ada 10 perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu yang produksinya diekspor ke China. Namun, kata dia, saat ini pihak perusahaan pengolahan kayu tidak bisa berproduksi karena pasokan bahan baku harus diimpor dari China.

"Demikian pula pihak perusahaan juga kesulitan mengekspor produknya ke China. Tentunya kondisi ini mempngaruhi finansial perusahaan," kata Subiyanto. Ia menambahkan 10 perusahaan yang bergerak pada pengolahan kayu furnitur ini berada di sepanjang pantura Kandeman hingga perbatasan Kecamatan Gringsing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement