Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Jokowi Belum Pikirkan Lockdown, Bamsoet: Sudah Tepat

Jumat 13 Mar 2020 17:54 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai langkah pemerintah untuk tak mengeluarkan kebijakan lockwodn sudah tepat, agar tak membuat panik masyarakat.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai langkah pemerintah untuk tak mengeluarkan kebijakan lockwodn sudah tepat, agar tak membuat panik masyarakat.

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Belum adanya locdown bertujuan tidak membuat masyarakat panik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai langkah pemerintah yang tidak melakukan lockdown atau pengisolasian negara di tengah pandemi corona atau Covid-19, sudah tepat. Menurut dia, pengakuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum berpikir menempuh opsi lockdown bertujuan tidak membuat masyarakat panik.

"Jadi saya menilai apa yang dilakukan, langkah-langkah oleh pemerintah, tidak melakukan lockdown atau segala macam, sudah tepat. Karena tidak perlu juga kita membuat masyarakat kita panik," ujar Bamsoet di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Baca Juga

Ia mendorong pemerintah melakukan pencegahan penularan virus corona. Kemudian pemberian edukasi kepada masyarakat menjaga lingkungan bersih dan hidup sehat, tetap waspada tetapi tidak panik.

Bamsoet mengatakan, alasan pemerintah belum mengambil kebijakan lockdown karena penutupan akses negara justru akan menimbulkan kepanikan dan memperburuk situasi. Menurutnya, setiap negara mempunyai kebijakan masing-masing dalam menghadapi pandemi corona ini.

"Tiap negara punya kebijakan masing-masing dan saya barusan baca statement Pak Jokowi dia belum berpikir ke arah sana. Karena kalau lockdown itu dikhawatirkan, kalau menurut penjelasan dari pemerintah, timbulnya kepanikan yang justru lebih memperburuk situasi. Yang penting kita pahami," kata Bamsoet.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler