Jumat 13 Mar 2020 17:09 WIB

Erick Thohir Angkat Tiga Direktur Baru Angkasa Pura I

Dua direktur baru Angkasa Pura I merupakan kalangan profesional.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Angkasa Pura I(angkasapuraproperti.co.id)
Foto: angkasapuraproperti.co.id
Angkasa Pura I(angkasapuraproperti.co.id)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perubahan pada tubuh direksi PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I. Israwadi yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Internal Audit Angkasa Pura I kini menjadi Direktur Kepatuhan, Aset & Pengadaan AP I.

Israwadi mengatakan ada tiga direksi yang mengalami perubahan. Selain dirinya yang menempati divisi baru sebagai Direktur Kepatuhan, Aset & Pengadaan AP I, terdapat juga Andi Saleh Brata yang dilantik sebagai Direktur Keuangan menggantikan Novrihandri serta Dendi T Danianto sebagai Direktur Pengembangan Usaha menggantikan Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Baca Juga

Israwadi menyebut perubahan direksi merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan akselerasi pembangunan

"Ini struktur baru, kan AP I lagi membangun banyak, capex-nya cukup besar," ujar Israwadi usai menerima keputusan perubahan direksi di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (13/3).

Israwadi sendiri memiliki tugas mengawal tata kelola dan optimalisasi aset milik perseroan agar mampu mendorong peningkatan pendapatan AP I. Israwadi mengaku belum mendapatkan penugasan khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Ia mengaku hanya akan berpegang teguh pada tiga pesan utama Erick agar direksi AP I menjaga akhlak, loyalitas, dan kerja sama tim. Israwadi menyebut dua baru direktur yakni Andi Saleh Bratamihardjadan Dendi Tegar Danianto merupakan profesional yang memiliki pengalaman mumpuni di bidangnya.

"Kalau kita pegang tiga itu, aman," ucap Israwadi.

Pengangkatan Andy Saleh Bratamihardja, Dendi Tegar Danianto, dan Israwadi sebagai direktur dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-74/MBU/03/2020 pada 13 Maret 2020 tentang Pemberhentian Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan AP I.

Dalam salinan Surat Keputusan yang ditandatangani Menteri BUMN Erick Thohir tersebut, Kementerian BUMN mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Novrihandri sebagai Direkrur Keuangan yang masing-masing diangkat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK:155/MBU/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017 jo. SK-160/MBU/06/2018 tanggal 6 Juni 2018 dan SK-222/MBU/11/2015 tanggal 9 November 2015 jo. SK:155/MBU/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017 jo. SK-160/MBU/06/2018.

Penyerahan salinan keputusan tersebut dilakukan oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata II Kementerian BUMN Silvester Budi Agung yang juga dihadiri sebagian besar Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) beserta pejabat dan pegawai Kementerian BUMN.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan bergabungnya Dendi, Andy, dan Israwadi diharapkan dapat membantu perusahaan yang sedang menghadapi tantangan untuk tetap tumbuh di tengah kondisi penurunan trafik penumpang akibat kondisi pandemi Covid-19. Sementara itu, lanjut Faik Fahmi, pada tahun ini perusahaan tengah mengembangkan tujuh bandara.

"Strategi cost leadership dan revenue enhancement dari potensi pendapatan selain aeronautika yang mulai digencarkan perusahaan saat ini membutuhkan masukan dari tiga direktur baru ini yang memiliki pengalaman yang mumpuni di bidangnya masing-masing," kata Faik Fahmi dalam keterangan tertulis.

Sebelum diamanatkan menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I (Persero), Andy Saleh Bratamihardja telah malang melintang di sektor industri keuangan. Pada 2018 hingga 2020, Andy Bratamihardja menjabat sebagai Direktur Utama Mandiri Sekuritas. Sedangkan Dendi Tegar Danianto merupakan seorang yang lama berkecimpung di bidang branding dan entreprenurial yang pernah menjabat sebagai Head of Marketing Communication Pertamina dan Vice Secretary General INASGOC.

Sementara itu Israwadi merupakan pejabat karir Angkasa Pura I yang sebelumnya sempat menjabat Vice President Internal Audit dan Corporate Secretary Angkasa Pura I.

Susunan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) adalah sebagai berikut:

1. Direktur Utama Faik Fahmi,

2. Direktur Keuangan Andy Saleh Bratamihardja,

3. Direktur Operasi Wendo Asrul Rose,

4. Direktur Pemasaran dan Pelayanan Devy Suradji,

5. Direktur Personalia dan Umum Adi Nugroho,

6. Direktur Pengembangan Usaha Dendi Tegar Danianto,

7. Direktur Teknik Lukman F Laisa,

8. Direktur Kepatuhan, Aset, dan Pengadaan Israwadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement