Jumat 13 Mar 2020 13:40 WIB

Ridwan Kamil Sarankan Salam Sunda Terkait Covid-19

Salam khas sunda yakni merapatkan kedua telapak tangan sambil didekatkan ke dagu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Emil menyarankan agar masyarakat melakukan salam khas Orang Sunda sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan wabah virus corona atau Covid-19. "Terakhir kami menyepakati, di Jawa Barat itu salamannya begini saja (merapatkan kedua telapak tangan sambil didekatkan dekat dagu dan mengangguk, Red)," kata Gubernur Ridwan Kamil seusai Rakor Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 bersama DPRD Jabar di Gedung Sate Bandung, Jumat (13/3).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengatakan virus corona bisa menular melalui kontak fisik secara langsung dengan cara berjabat tangan saat bersalaman. "Karena penyebaran virus ini dari bersin, batuk dan bersalaman jabat tangan. Setelah salaman terus memegang muka masing-masing maka virus itu masuk," kata dia.

Baca Juga

Sehingga, kata dia, ada gestur individual tanpa mengurangi rasa hormat dan pertemanan maka pihaknya menyarankan salam budaya sunda. "Saya kira salam ini sudah menyimbolkan rasa hormat. Jadi kurangi jabat tangan, cipika cipiki (cium pipi kanan dan cium pipi kiri, Red)," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement