Jumat 13 Mar 2020 11:30 WIB

DMI Siapkan 2 Juta Karbol untuk Masjid Seluruh Indonesia

Penyediaan karbol ini untuk membersihkan masjid guna mencegah penyebaran Covid-19.

 Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menyemprotkan cairan disinfektan di area Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3).(Republika/Putra M. Akbar)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menyemprotkan cairan disinfektan di area Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3).(Republika/Putra M. Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyiapkan 2 juta botol berisi karbol untuk masjid di seluruh Indonesia. Penyediaan karbol ini dalam rangka gerakan membersihkan masjid guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Kalau karbol kita siapkan 2 juta botol se-Indonesia," kata Ketua Umum DMI Jusuf Kalla saat meninjau peluncuran gerakan semprot disinfentan 10 ribu masjid se-Jakarta untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Masjid al-Munawar, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/3).

Baca Juga

Mantan wakil presiden RI tersebut mengatakan, karbol yang disiapkan akan dibagikan ke masjid-masjid yang membutuhkan, terutama yang tidak mampu membeli karbol. Menurut dia, pembersihan masjid untuk mencegah Covid-19 minimal menggunakan karbol dengan membersihkan lantai masjid setiap pekannya.

Terkait penyemprotan disinfektan, kata JK, DMI akan membentuk tim yang melibatkan perusahaan pembasmi hama untuk melakukan penyemprotan di masjid-masjid dengan target awal 10 ribu masjid di seluruh Indonesia dan DKI Jakarta. "Kita bentuk puluhan tim penyemprot. Hari ini kita 10 masjid. Tiap hari minimum 20 masjid dicapai. Kita akan tambahkan untuk jadi 30 masjid per hari ke depan," kata JK.

 

JK menjelaskan, penyebaran virus corona dimulai dari tempat yang ramai didatangi orang. Salah satu tempat ramai itu adalah tempat ibadah seperti gereja dan masjid, kemudian pasar, sekolah, mal, dan tempat wisata. "Di Korea dimulai dari gereja. Di Iran dimulai dari Qom, itu tempat sucinya Syiah. Karena itulah maka DMI dengan seluruh masyarakat berusaha membersihkan dengan disinfektan dari masjid yang ada," kata JK.

JK menambahkan, penyemprotan ini merupakan gerakan besar-besaran. "Nanti gerakan ini ditambah lagi kerja sama dengan BNPB," kata JK. JK menyebutkan. di Indonesia terdapat 900 ribu mushala dan 300 ribu masjid. Kegiatan membagikan karbol dan membersihkan masjid hanya sebagai pendorong agar DMI seluruh Indonesia bergerak menjaga kebersihan masjid.

"Selanjutnya masyarakat lakukan sendiri karena ini tak mahal juga. Seadanya, jamaah pasti sanggup. (Kegiatan) ini hanya memperlihatkan bagaimana contohnya saja," kata JK.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement