Jumat 13 Mar 2020 10:16 WIB

Masjid Perlis Malaysia tak Gelar Shalat Jumat Akibat Corona

Shalat Jumat di Perlis Malaysia digantikan shalat dzuhur di rumah masing-masing.

Red: Nur Aini
Masjid Negara Malaysia(Wikipedia)
Foto: Wikipedia
Masjid Negara Malaysia(Wikipedia)

REPUBLIKA.CO.ID, PERLIS -- Majelis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Perlis (MAIPs) Negara Bagian Perlis Malaysia memutuskan shalat Jumat di seluruh Perlis hari ini (13/3) digantikan dengan shalat dzuhur di rumah masing-masing.

Menurut pernyataan MAIPs, Jumat, keputusan itu dibuat bagi berdasarkan perintah Raja Perlis Tuanku Syed Sirajuddin Ibni Almarhum Tuanku Syed Putra Jamalullail menyusul penularan kasus virus corona atau Covid-19 di negara ini.

Baca Juga

“Hal ini adalah rentetan daripada perkembangan terbaru seperti yang telah disampaikan oleh Kementerian Kesihatan Malaysia," menurut MAIPs.

Pihak kementerian telah meminta agar semua pertemuan berskala besar, termasuk aktivitas agama agar dihindari. Karena itu, pengurusan masjid-masjid di seluruh negeri Perlis diminta menghindari dari melaksanakan aktivitas pertemuan berskala besar saat ini. Mereka juga mengingatkan kaum Muslim agar senantiasa mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari penularan wabah tersebut.

Sebelumnya, Kantor Perdana Menteri Malaysia menyarankan khutbah shalat Jumat diperpendek saat negara menghadapi pandemi wabah Covid-19 Menteri Di Kantor Perdana Menteri Hal Ehwal Agama, Datuk Seri DrZulkifli Mohamad Al-Bakri mengemukakan hal itu usai menghadiri Majelis Tausiyah AM badan agama di Masjid Tuanku Mizan Sultan Zainal Abidin di Putrajaya, Kamis.

Dia mengatakan khutbah hendaknya langsung ke inti pesan yang hendak disampaikan. Mufti Wilayah Persekutuan tersebut mengatakan saran tersebut di antara lima kertas kerja yang akan dikemukakan kepada Majlis Fatwa untuk mendapatkan solusi berhubung situasi yang terjadi sekarang ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement