Kamis 12 Mar 2020 22:17 WIB

SIG Edukasi Warga Cegah Corona Terapkan Pola Hidup Sehat

Masyarakat diharapkan akan lebih memahami tentang virus Corona

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pembina Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI), Netty Doddy Sulasmono Diniawan turut mengedukasi cara penggunaan masker yang benar, pada sosialisasi pola hidup sehat (PHS) untuk mendukung pencegahan virus Corona kepada warga di sekitar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Kamis (12/3).
Foto: dok.humas SIG
Pembina Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI), Netty Doddy Sulasmono Diniawan turut mengedukasi cara penggunaan masker yang benar, pada sosialisasi pola hidup sehat (PHS) untuk mendukung pencegahan virus Corona kepada warga di sekitar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Kamis (12/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Dukung pencegahan dan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 (virus Corona), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sosialisasikan Pola Hidup Sehat (PHS) kepada warga Gresik, Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma A Yani, Gresik ini narasumber Dr dr Sudarsono SpP(K) Spesialis Paru dan konsultan dari RSUD Dr Soetomo Surabaya serta Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Gresik, Nur Faridah.

"Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan perusahaan dan warga di sekitarnya," ungkap Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan SIG, Sigit Wahono dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (12/3).

Melalui sosialisasi ini, masyarakat diharapkan akan lebih memahami tentang virus Corona, gejala- gejala klinis yang ditimbulkan sekaligus mengetahui langkah- langkah yang perlu diambil, jika sudah terdampak.

 

“Kami telah melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan dan warga sekitar, selain itu juga membagikan masker, hand sanitizer pumping, alat pengukur suhu badan di area kerja SIG," tambahnya.

Bahkan, masih jelas Sigit, SIG juga memberikan vaksinasi influensa bagi karyawan yang bekerja di daerah terdampak atau daerah yang telah ditemukan positif terpapar virus Corona di tanah air.

Sementara itu, Dr dr Sudarsono SpP(K) mengatakan bahwa virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus Corona dapat menular dari manusia kepada manusia dengan gejala demam, nyeri tenggorokan, sulit bernafas serta nyeri pada kepala.

Jika mengalami gejala- gejala tersebut, maka masyarakat diharapkan sesegera mungkin melakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan atau rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan bagi penanganan virus Corona.

“Kita tidak perlu berlebihan menanggapi virus ini, kuncinya selalu waspada," ujarnya.

Untuk pencegahan, selalu menjaga pola hidup sehat yakni dengan istirahat cukup, memperbanyak asupan sayuran dan buah- buahan, rutin berolahraga, serta menghindari merokok dan minuman beralkohol. Pola hidup sehat ini penting agar sistem imun (kekebalan) tubuh bisa meningkat guna melindungi dari penularan (infeksi) virus Corona. "Dan jangan lupa untuk sering mencuci tangan sampai bersih dan menggunakan masker jika sedang sakit,” jelasnya.

Salah satu peserta sosialisasi, Ayu Rahajeng mengaku, sosialisasi ini sangat bermanfaat baginya untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang virus Corona yang sudah membuat panik warga, cara penularan dan upaya pencegahannya.

“Saya bersyukur SIG sudah mengedukasi utamanya para ibu- ibu agar tidak lagi khawatir dengan kesimpangsiuran informasi mengenai penyebaran virus Corona," tegasnya.

Sigit Wahono menambahkan, dalam sosialisasi ini, SIG juga membagikan 4.800 masker bagi masyarakat. "Bantuan masker tersebut telah disalurkan melalui kepala kelurahan dan kepala desa di sekitar perusahaan," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement