Kamis 12 Mar 2020 20:42 WIB

Shopee Perluas Ekspor ke Filipina

Setelah Filipina, Shopee akan ekspor ke tujuh negara lain.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nora Azizah
Pada akhir bulan ini, platform Shopee akan mulai melalukan ekspor ke Filipina (Foto: aplikasi Shopee)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pada akhir bulan ini, platform Shopee akan mulai melalukan ekspor ke Filipina (Foto: aplikasi Shopee)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengekspor 5.000 lebih produk kreasi nusantara pada 2019 ke Malaysia dan Singapura, kini Shopee berupaya memperluas pasar ekspornya. Pada akhir bulan ini, platform e-commerce itu akan mulai melalukan ekspor ke Filipina.

"Perluasan (ekspor) diawali ke Filipina karena kita lihat, yang paling cocok market-nya untuk produk-produk yang selama ini kita unggulin di Malaysia dan Singapura adalah Filipina. Market Filipina cocok, termasuk untuk price dan serapan dari kemampuan membeli masyarakatnya," jelas Head of Public Policy and Goverment Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmodjo kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (12/3).

Baca Juga

Ia menyebutkan, produk kreasi nusantara atau buatan lokal yang selama ini diekspor ke Malaysia dan Singapura meliputi fashion, aksesoris, kosmetik, dan home and living seperti karpet dan lainnya. Beragam produk tersebut pun siap diekspor ke Filipina.

Terkait potensi nilai ekspor ke Filipina, Radityo mengaku, perusahaan perlu melakukan penghitungan ulang. Hanya saja, kata dia, Shopee Indonesia menyiapkan jutaan produk yang siap ditawarkan ke sana.

"Itu artinya, kita treat mereka (Filipina) seperti perluasan Indonesia saja, seperti market yang bagian dari market Indonesia. Walau nggak sebesar market Indonesia, tapi dengan kategori produk unggulan, kita confidence tawarkan jutaan produk ke market Filipina," tutur dia.

Radityo berharap, perluasan pasar ekspor ini bisa berjalan lancar. Sebab, penyebaran virus corona yang semakin meluas dikhawatirkan memengaruhi ekspor.

"Doakan saja pandemi corona ini nggak terlalu berpengaruh terhadap pengiriman barang. Hal itu karena, yang berpengaruh di regional ini kan pengiriman barang, tapi so far tidak ada pengaruhnya," kata Radityo.

Setelah Filipina, lanjutnya, Shopee bakal memperluas ekspor kreasi nusantara ke negara lain yang sudah terdapat Shopee di sana.

"Kita ada di tujuh negara, berarti yang belum Thailand, Vietnam, Taiwan. Amin bisa (ekspor) tahun ini semua," harap dia. (Iit Septyaningsih)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement