Kamis 12 Mar 2020 20:39 WIB

Lima Cara Ini Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Beberapa gejala insomnia di antaranya bangun beberapa kali pada malam hari.

Tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tubuh seseorang mengatur ulang dan memulihkan diri ketika dirinya tidur nyenyak. Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati tidur nyenyak.

Sebagian orang justru mengalami insomnia. Beberapa gejala insomnia di antaranya yakni sulit tidur, bangun beberapa kali pada malam hari, bangun lebih awal dan tidak bisa tidur kembali, merasa lelah setelah bangun tidur, dan sulit berkonsentrasi pada siang hari karena tidak cukup tidur.

Dilansir di Kent Live, Kamis (12/3), ahli saraf sekaligus penulis buku Why We Sleep mengatakan tidur adalah sistem pendukung kehidupan seseorang. Beberapa orang mungkin mengonsumsi obat tidur sebagai solusi insomnia. Namun, hal tersebut tidak dapat mengatasi insomnia Anda seterusnya.

Penderita insomnia harus bertanya kepada dokter tentang terapi perilaku kognitif yang dapat mengidentifikasi pikiran dan perilaku yang menyebabkan masalah tidur Anda. Meski begitu, ada lima tip yang dapat membantu Anda untuk tidur malam lebih nyenyak. Kelimanya yakni:

 

1. Tetap pada rutinitas

Matthew Walker mengatakan tubuh seseorang menyukai rutinitas, termasuk ketika bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini dinilai dapat membantu masalah tidur. Bahkan jika Anda memiliki tidur malam yang buruk, hindari keinginan untuk tidur siang dan tetap terjaga sampai waktu tidur.

2. Katakan tidak pada alkohol

Bagi sebagian orang, meneguk satu atau dua minuman beralkohol bisa membantu tertidur. Namun tidur yang disebabkan oleh alkohol tidak membantu tubuh memulihkan dirinya. Alkohol justru membatasi rapid eye movement (tidur dengan gerak mata cepat) dan menyebabkan Anda sering terbangun sepanjang malam.

3. Kurangi waktu di depan layar

Sinar biru yang dipancarkan dari ponsel atau gawai Anda dapat mengurangi produksi melatonin tubuh. Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab atas siklus tidur dan bangun. Pertimbangkanlah untuk mengalihkan ponsel Anda ke mode malam atau menyimpannya setidaknya satu jam sebelum tidur.

4. Tulis semuanya

Terkadang, seseorang memiliki banyak hal di pikiran yang mencegah tidur. Jika daftar pekerjaan esok hari yang menganggu pikiran Anda, catat kecemasan tersebut sebelum tidur. Menuliskan segala kekhawatiran tersebut memungkinkan Anda melihatnya secara objektif sehingga tidak perlu khawatir lagi tentang hal itu sepanjang malam.

5. Bangun dari tempat tidur

"Otak kita dengan cepat mengetahui bahwa tempat tidur adalah tempat Anda bangun daripada tidur," kata Matthew. Untuk itu, pergilah ke ruangan yang berbeda untuk membaca atau bermeditasi dalam cahaya redup sampai Anda merasa mengantuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement