Kamis 12 Mar 2020 12:45 WIB

Pameran Film di Las Vegas Dibatalkan Akibat Corona

CinemaCon di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) dibatalkan karena virus corona

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Aktor Chadwik Boseman hadir dalam Cinemacon 2019. CinemaCon di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) tahun ini dibatalkan karena virus corona. Ilustrasi.
Foto: Nina Prommer/EPA
Aktor Chadwik Boseman hadir dalam Cinemacon 2019. CinemaCon di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) tahun ini dibatalkan karena virus corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pameran film dan industri pertunjukan CinemaCon di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) dibatalkan karena virus corona. CinemaCon adalah salah satu pameran industri perfilman terbesar di dunia.

Pameran ini mempertemukan berbagai eksekutif rumah produksi Hollywood, bintang film, pemilik bioskop, hingga pabrik peralatan syuting. Event yang berlangsung selama satu pekan ini dijadwalkan digelar pada 30 Maret di Caesars Palace.

Baca Juga

Namun pemilik bioskop belum menutup pintu mereka. Bioskop di banyak negara seperti China, Italia, dan Polandia sudah ditutup karena wabah virus yang kini disebut Covid-19 itu.

Tapi bioskop-bioskop di Amerika Utara masih dibuka. Pada Kamis (12/3) Presiden Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional (NATO) John Fithian dan Direktur CinemaCon Mitch Neuhauser mengumumkan pembatalan ini dalam pernyataan gabungan mereka. 

"Wabah lokal masih sangat bervariasi keparahannya. Kondisi global membuat tidak mungkin bagi kami menunjukkan pertunjukan yang diharapkan peserta. Setelah berkonsultasi dengan peserta, peserta pemeran, sponsor, dan studio, NATO memutuskan untuk membatalkan CinemaCon 2020," kata Fithian dan Neuhauser dalam pernyataan mereka, Kamis (12/3).

Studio-studio Hollywood termasuk The Walt Disney Co., Warner Bros., Universal, Lionsgate, Paramount, dan Focus Features berencana menyajikan film-film mereka yang akan datang. Termasuk cuplikan dan penampilan bintang-bintang papan atas.

Tahun ini aktor dan aktris terkenal seperti Michael B. Jordan, Carey Mulligan, Antoine Fuqua, dan Glen Powell diperkirakan akan hadir dalam upacara penghargaan yang dijadwalkan pada 2 April. Penyelenggaran mengirimkan perubahan terbaru kepada peserta tentang langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan kesehatan dan sanitasi selama pameran.

Panitia juga sudah mengatakan perwakilan dari China, Jepang, Korea, dan Italia membatalkan kedatangan mereka. Selama beberapa pekan terakhir wabah Covid-19 telah mengguncang industri perfilman. Peluncuran film James Bond terbaru dan Peter Rabbit ditunda. Festival film seperti South by Southwest juga dibatalkan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement