Kamis 12 Mar 2020 10:32 WIB

Jurus Jokowi Tangkal Corona, Minum Jamu Tiga Kali Sehari

Presiden Jokowi mengaku minum jamu tiga kali sehari sejak ada wabah corona.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo mengaku minum jamu tiga kali sehari untuk cegah infeksi virus corona.
Foto: setkab.go.id
Presiden Joko Widodo mengaku minum jamu tiga kali sehari untuk cegah infeksi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan soal jurusnya untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh demi menangkal virus corona tipe baru. Caranya ialah dengan meminum jamu atau ramuan empon-empon tiga kali sehari.

Dalam beberapa kali kesempatan, Jokowi memang mengaku secara rutin minum ramuan empon-empon yang terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, dan serai setiap pagi. Jamu ini pulalah yang membuat Jokowi bisa tetap bugar saat menjalani kampanye pilpres yang padat pada 2019 lalu.

Baca Juga

"Sekarang karena ada corona, saya minum pagi, siang, malam," jelas Jokowi dalam sambutan pembukaan The 2nd Asian Agriculture and Food Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3).

photo
Betulkah empon-empon ampuh untuk melindungi tubuh dari infeksi virus corona? - (Republika)

Di hadapan para pengusaha pertanian, Jokowi juga mengingatkan bahwa tanaman rempah-rempah punya peluang yang besar untuk mendulang keuntungan. Apalagi, saat ini, harga empon-empon melonjak sejak wabah Covid-19 muncul.

"Hati-hati sekarang ini harganya naik. Sampai empat-lima kali lipat. Ada jahe merah, temulawak, kunyit. Biasanya saya cari mudah. Kan saya tiap hari minum itu," kata Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement