Rabu 11 Mar 2020 21:01 WIB

Haornas Jangan Hanya Lewat Tanpa Bekas

Menpora mengatakan Haornas sering kali berlalu begitu saja.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Didi Purwadi
Menpora Zainudin Amali(Republika/Wihdan Hidayat)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menpora Zainudin Amali(Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 akan mengangkat tema besar yakni sport science. Dalam kesempatan tersebut, Menpora juga mengatakan Haornas sering kali berlalu begitu saja.

''Selama ini peringatan hari olahraga hanya lewat tanpa ada bekas penanda,'' kata Menpora. Ia mengatakannya saat melantik anggota Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) periode 2020-2024 di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (11/3). 

Baca Juga

Zainudin mengatakan Haornas tahun ini mengangkat sport science sebagai tema besarnya. Karena, sport science berperan penting dalam pengembangan olahraga.

''Tahun 2020 ini peringatan Haornas harus kita canangkan suatu tema besar yakni sport science,'' katanya. ''Tidak mungkin olahraga bisa maju dan berprestasi tanpa peran sport science.''

Terpesona Unesa

Zainudin sebelumnya juga berbicara tentang sport science saat melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada pertengahan Februari. Ia mengaku bangga ketika melihat Unesa yang memiliki fasilitas lengkap olahraga.

''Unesa bisa menjadi rujukan sport science nasional untuk mendukung perkembangan dan kemajuan olahraga di Indonesia,'' kata Menpora.

Ia menilai, Unesa merupakan salah satu instansi yang mumpuni. Unesa memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, termasuk sport science fitness center (SSFC).

''Saya datang ke sini, diskusi dengan Rektor, dan Dekan, serta dosen Fakultas Keolahragaan,'' katanya. ''Kita mau mengetahui tentang apa saja yang ada di sini dan program apa kedepannya.''

Menpora mengatakan pihaknya akan mendorong supaya Unesa menjadi pusat sport science nasional. Karena, Unesa memiliki berbagai peralatan olahraga. ''Nanti kita tinggal dorong dan investasi peralatannya,'' ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement