Rabu 11 Mar 2020 19:36 WIB

Pengusaha: Stok Ramadhan Cukup, tak Perlu Memborong

Kemendag telah menerbitkan izin impor bawang bombay untuk kendalikan harganya.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)(antara)
Foto: antara
Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)(antara)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha memastikan bahwa stok komoditas menjelang puasa dan Lebaran tahun ini mencukupi. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menyebutkan, pihaknya sudah mendapat laporan dari seluruh asosiasi bahwa pasokan komoditas dalam jumlah yang cukup.

"Intinya melakukan kesediaan pangan menyambut Lebaran no problem at all. Kita sudah dapat laporan dari asosiasi. Jadi tak perlu memborong berlebihan. Aman semua untuk barang termasuk dalam hadapi bulan puasa, bulan Ramadhan," kata Rosan di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (12/3).

Baca Juga

Senada dengan Rosan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto juga menekankan bahwa pasokan bahan pokok dalam kondisi yang aman. Kendati mengakui bahwa ada lonjakan harga untuk beberapa komoditas, Agus memastikan jumlah stok dalam keadaan cukup.

Agus pun menyampaikan bahwa pihaknya telah menerbitkan izin impor sebanyak 2.000 ton bawang bombay untuk mengendalikan harga di pasaran.

Sementara itu, komoditas lain seperti gula dan bawang putih juga dipastikan aman. Izin impor bawang putih pun siap dikeluarkan apabila terjadi lonjakan harga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement