Rabu 11 Mar 2020 14:43 WIB

Pendiri Benarkan Ada Usulan Bentuk PAN Reformasi

Amien Rais dinilai tak dilibatkan dalam pembentukan pengurus PAN.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais bertemu dengan sejumlah tokoh PAN.(Dok Istimewa )
Foto: Dok Istimewa
Mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais bertemu dengan sejumlah tokoh PAN.(Dok Istimewa )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada usulan dari para loyalis agar Amien Rais membentuk Partai Amanat Nasional (PAN) reformasi. Pasalnya partai tersebut dianggap sudah melenceng dari tujuan awal didirikan.

Salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husin membenarkan hal tersebut.

Baca Juga

"Mendesak, meminta kepada Pak Amien agar Pak Amien mendirikan partai baru (PAN Reformasi)," ujar Putra Jaya saat dihubungi, Rabu (11/3).

Sebagai salah satu pendiri PAN, ia melihat partainya sudah melenceng dari tujuan awal didirikan. Hal tersebut juga diklaimnya dirasakan oleh banyak DPW dan DPD PAN.

"Jadi menjelang pelantikan DPP yang baru dilihat Pak Amien tidak diajak bicara tidak dilibatkan dalam PAN, mereka pikir lebih baik mendirikan PAN baru," ujar Putra Jaya.

Meski begitu, ia menyebut Amien belum mengonfirmasi keinginan tersebut. Pihaknya saat ini sedang fokus untuk melayangkan gugatan terhadap hasil Kongres V PAN.

"Pak Amien belum menanggapi karena sedang fokus mempersiapkan gugatan hasil kongres, terhadap proses kongres," ujar Putra Jaya.

Diketahui, banyak kader yang masih mengkritisi hasil Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN). Buntut dari hal tersebut, loyalis Amien Rais mendorong mantan Ketua MPR itu untuk membentuk PAN reformasi.

"Pak Amien daripada tidak diperlakukan tidak baik oleh PAN agar membentuk PAN reformasi," ujar Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, Asri Anas saat dikonfirmasi, Rabu (11/3).

Ia mengklaim, sudah ada sejumlah DPD dan DPW PAN yang sudah mendukung langkah tersebut. Bahkan, langkah tersebut juga disebutnya didukung oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah.

"Kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW, serta 1.300 tokoh tokoh yang pernah terlibat di PAN," klaim Asri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement