Rabu 11 Mar 2020 14:37 WIB

7.184 Siswa SMP di Kupang Siap Ikiti UN 2020

Siswa peserta UN itu berasal dari 168 sekolah menengah pertama di daerah itu.

Siswa SMP Kristen 1 Kupang mempersiapkan diri mengukuuti ujian nasional (ilustrasi)
Foto: Republika/Maman Sudiaman
Siswa SMP Kristen 1 Kupang mempersiapkan diri mengukuuti ujian nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan sebanyak 7.184 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah setempat siap mengikuti Ujian Nasional pada April 2020. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Imanuel Buan ketika dihubungi wartawan di Oelemasi, Rabu (11.3) menjelaskan, 7.184 orang siswa yang mengikuti UN tahun 2020 itu berasal dari 168 sekolah menengah pertama di daerah itu.

"Para siswa yang sedang mengikuti pendidikan di 168 SMP itu telah siap untuk mengikuti ujian nasional tahun 2020. Pihak sekolah terus melakukan pendampingan terhadap para siswa untuk mempersiapkan diri secara baik menghadapi ujian nasional nanti," kata Imanuel Buan.

Baca Juga

Ia mengatakan 168 SMP di Kabupaten Kupang yang menyelenggarakan Ujian Nasional tahun 2020 terdiri atas 163 SMP Reguler, dua MTS, dua SMPK serta satu SMP Terbuka. Dia menjelaskan, pada 2020 juga sejumlah lembaga pendidikan menengah pertama di Kabupaten Kupang mengelar ujian nasional berbasis komputer. "Ada 33 sekolah di Kabupaten Kupang yang pada 2020 ini mengelar ujian nasional berbasis komputer," ujar Imanuel Buan.

Menurut dia, masih terbatasnya sekolah yang mengikuti UN berbasis komputer karena terkendala jaringan internet yang belum menjangkau sekolah-sekolah di kawasan pedalaman Kabupaten Kupang. "Sekolah-sekolah di Kabupaten Kupang tidak saja menghadapi persoalan sarana dan prasarana tetapi juga jaringan internet yang bisa menjangkau sekolah-sekolah di kawasan pedalaman daerah ini," tegasnya.

Ia juga mengatakan, terdapat 135 sekolah di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste ini yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP). "Kami harapkan agar semua sekolah yang melaksanakan UN tahun 2020 untuk mempersiapkan siswanya secara sehingga hasil ujian nasional 2020 bisa lebih baik dari UN pada 2019 lalu," kata Imanuel Buan.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement