Rabu 11 Mar 2020 14:09 WIB

Dishub Karawang Buka Pendaftaran Mudik Gratis

Pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka untuk masyarakat.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Mudik Gratis (Fakhri Hermansyah)
Foto: Fakhri Hermansyah
Mudik Gratis (Fakhri Hermansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Perhubungan menyediakan program mudik gratis bagi warganya. Meski Idul Fitri masih beberapa bulan lagi, pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka untuk masyarakat.

Kepala Seksi Angkutan Dishuh Kabupaten Karawang, Yunus mengatakan mudik gratis menjadi program tahunan yang digelar Pemkab Karawang. Yunus mengajak masyarakat untuk mendaftar ikut mudik gratis yang didakan.

“Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang sudah mulai membuka layanan mudik gratis lebaran mulai Senin 2 Maret lalu,” kata Yunus, Rabu (11/3).

Yunus menuturkan masyarakat bisa mendaftar hingga 30 April mendatang. Bagi yang ingin mendaftar diminta untuk datang ke tempat pendaftaran di Kantor Dishub, Jalan Siliwangi Gedung Pemda 2 Karawang. Ia menyebutkan masyarakat bisa datang pada hari kerja pukul 09.00 - 15.00 WIB. Layanan mudik ini diberikan tanpa dipungut biaya sesuai dengan kuota yang disediakan.

“Layanan yang digelar tahun ini menyediakan kuota 500 orang,” ujarnya.

Menurutnya, Dishub Kabupaten Karawang menyiapkan 12 bus untuk memfasilitasi warga dengan dua tujuan. Yakni rute perjalanan dengan tujuan Karawang- Yogayakarta juga Karawang tujuan akhir Solo.

“Untuk Karawang - Yogyakarta via utara dengan rute Tol Cipali, Tegal, Bumiayu, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Wates, Yogyakarta. Sementara Karawang - Solo dengan rute Tol Cipali, Tegal, Pekalongan, Semarang, Boyolali, dan Solo,” tuturnya.

Ia menambahkan keberangkatan diagendakan berlangsung pada 19 Mei 2020 di Komplek Pemda Karawang. Program mudik gratis ini untuk warga yang tinggal di Karawang. Warga cukup membawa KK dan KTP sebagai persyaratannya.

“Untuk yang belum memiliki KTP seperti anak-anak disertakan dengan akte kelahiran,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement