Rabu 11 Mar 2020 14:05 WIB

AS Akhiri Kunjungan Kapal Induk ke Vietnam

Kapal induk AS mengunjungi Vietnam untuk kedua kalinya sejak 2018.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
kapal induk AS(abc news)
Foto: abc news
kapal induk AS(abc news)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan kunjungan kapal induk di Vietnam, Rabu (11/3). Kedutaan Besar AS di Hanoi menyatakan, kunjungan itu adalah kali kedua yang dilakukan sejak 2018.

"Kunjungan seperti ini tidak hanya memperkuat kemitraan Amerika Serikat dengan Vietnam, tetapi mereka juga terus memastikan perdamaian dan stabilitas dan kebebasan perdagangan di seluruh kawasan," kata Duta Besar Daniel Kritenbrink.

Baca Juga

USS Theodore Roosevelt dan iring-iringannya menyelesaikan kunjungan selama lima hari di kota Danang di Vietnam tengah pada 9 Maret. Peristiwa itu pun menjadi penanda 25 tahun hubungan diplomatik yang dijalani sejak Juli 1995.

Sebelum USS Theodore Roosevelt, Maret tahun lalu USS Carl Vinson menjadi kapal induk pertama yang melakukan kunjungan sejak akhir Perang Vietnam pada 1975. Upaya ini menjadi penanda hubungan strategis yang berkembang antara Hanoi dan Washington pada saat pengaruh China di Asia semakin meningkat.

Perwira Angkatan Laut di wilayah tersebut menyatakan, iringan AS sering melintasi Laut Cina Selatan yang disengketakan dan secara rutin dibayangi oleh kapal-kapal angkatan laut China. AS menuduh China melakukan militerisasi Laut China Selatan dan berusaha mengintimidasi negara Asia lainnya yang juga mengklaim wilayah.

Vietnam telah muncul sebagai lawan paling vokal dari klaim teritorial China yang luas atas laut dan telah membeli perangkat keras militer AS. Negara itu telah membeli armada penjaga pantai kelas Hamilton.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement