Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Anies: Cegah Corona, CFD Ditiadakan Dua Pekan ke Depan

Rabu 11 Mar 2020 12:07 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(Antara/M Risyal Hidayat)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(Antara/M Risyal Hidayat)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jakarta mengambil upaya pengetatan di awal mengantisipasi virus corona cepat menyebar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Sudirman-Thamrin untuk mencegah penularan virus corona. "Kegiatan hari minggu kita memiliki hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD). Untuk menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan (corona), maka dua minggu ke depan Pemprov DKI Jakarta meniadakan HBKB," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3).

Menurut Anies hal tersebut merupakan langkah pencegahan DKI Jakarta dengan meminimalisir kontak fisik warga di ruang publik. Selama dua pekan ditiadakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengulas dan melihat perkembangan dari virus corona yang saat ini melanda Indonesia. "Sesudah dua minggu ke depan kita akan pantau lagi ini, kita lakukan sambil melihat perkembangan penularan corona virus ini," ujar Anies.

Baca Juga

Menurut Anies langkah pencegahan awal ini berkaca dari negara-negara yang penyebaran corona virusnya cepat. "Di beberapa tempat kita cek baik di Itali dan Iran mereka cenderung tidak ketat dalam membatasi ruang interaksi. Begitu meningkat drastis baru dilakukan pengetatan, tapi yang ketat dari awal ada Singapore, Vietnam, Selandia Baru. Mereka melakukan pengendalian itu. Kami di Jakarta mengambil rute pengetatan di awal," kata Anies.

Selain meniadakan HBKB, dalam kesempatan yang sama Anies juga mengumumkan menunda perhelatan balap mobil listrik Formula E di Jakarta yang direncanakan dihelat tanggal 6 Juni 2020. Hingga saat ini terhitung sebanyak 27 orang dirawat di rumah sakit rujukan yang ada di RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan akibat terpapar virus corona.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA