Rabu 11 Mar 2020 09:27 WIB

IHSG Lanjutkan Penguatan Ditopang Buyback Saham

BEI mengizinkan emiten melakukan buyback saham tanpa persetujuan RUPS.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu (11/3).
Foto: Republika/Prayogi
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu (11/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu (11/3). Indeks saham terus menunjukkan tren penguatan sejak perdagangan kemarin hingga ke posisi 5.231,60. Sebelumnya, IHSG juga ditutup menguat di level 5.220.83.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan IHSG saat ini sedang mendapatkan angin segar dari sejumlah kebijakan pemerintah dan regulator terkait mekanisme perdagangan saham.

Baca Juga

IHSG sempat menguat lebih dari dua persen setelah pemerintah memberikan kebijakan buyback tanpa RUPS kepada emiten. Sementara itu, regulator memberikan kebijakan auto rejections bawah lebih ketat di level 10 persen. 

"Rentetan kebijakan tersebut memberikan angin segar pada pergerakan IHSG," kata Lanjar, Rabu (11/3).

Senada dengan Lanjar, analis riset Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christopher, melihat penguatan IHSG ditopang beberapa stimulus global. Di antaranya setelah Donald Trump mengumumkan pemangkasan pajak.

Dennies pun memperkirakan IHSG akan melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini. Menurutnya, stimulus perekonomian dari dalam negeri seperti penghapusan pajak dan permudahan buyback akan mendorong penguatan.

"Secara teknikal formasi candlestick membentuk bullish counterline mengindikasi ada potensi rebound dalam jangka pendek," tutur Dennies. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement