Rabu 11 Mar 2020 08:56 WIB

Kateterisasi Jantung RSUD Bukittinggi Dilayani BPJS

Sebelumnya, layanan cath lab hanya terdapat di RSUP Dr M Djamil, Padang.

Menjaga jantung tetap sehat.(republika)
Foto: republika
Menjaga jantung tetap sehat.(republika)

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Muchtar, Bukittinggi, Sumatra Barat, menambah layanan untuk kateterisasi jantung dan penanganan strok nonhemoragik. Layanan ini dapat dimanfaatkan pasien BPJS.

"Sekarang RSUD Acmad Muchtar memiliki ruang operasi cath lab atau kateterisasi jantung juga memiliki dokter bedah saraf yang berkompetensi menanggulangi penyakit strok nonhemoragik," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meresmikan pelayanan kateterisasi jantung di RSUD Achmad Muchtar, Bukittinggi, Selasa (10/3).

Baca Juga

Menurut dia, cath lab RS Achmad Muchtar telah memiliki peralatan yang cukup modern dan canggih untuk melayani tindakan medis diagnosis inovasif menggunakan sinar X. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung.

"Sebelumnya penderita jantung harus antre lama untuk tindakan di cath lab. Sekarang dengan adanya fasilitas cath lab di sini bisa mendapat pelayanan cath lab langsung," katanya.

Pasien jantung tidak lagi berobat hingga ke luar negeri seperti ke Singapura dan Malaysia yang membutuhkan biaya banyak. "Cukup di sini, pasien sakit jantung tidak harus ke luar negeri karena di Sumbar banyak memiliki rumah sakit yang dilengkapi cath lab," ujarnya.

Direktur RSUD Achmad Muchtar, Bukittinggi, dr Khairul SpM, mengatakan, kateterisasi jantung dan angiografi (cath lab) sebagai pelayanan di laboratorium untuk menentukan diagnosis penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebelumnya, pelayanan cath lab di RS Sumbar hanya terdapat di RSUP Dr M Djamil, Padang.

"Sekarang sudah ada di RSUD Achmad Muchtar, Bukittinggi, yang juga sudah memiliki dokter bedah saraf yang juga kompetensi menanggulangi penyakit strok nonhemoragik," katanya.

Sebelumnya, tim dokter RSUD Achmad Muchtar, Bukittinggi, telah sukses melakukan tindakan kateterisasi jantung pada 50 orang pasien yang mengalami sumbatan pada pembuluh darah jantung. Semuanya pun berhasil selamat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement