Rabu 11 Mar 2020 08:20 WIB

TPA Jalupang Karawang Mendekati Overload

Jumlah produksi sampah di Karawang mencapai 900 ton per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah menumpuk akibat kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jalupang mendekati overload. Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kerawang, Guruh Sapta mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengecek kondisi TPA Jalupang.

Dari hasil pengecekan, ternyata kondisinya sudah tidak baik, overload atau tidak bisa bertahan lama lagi untuk menampung seluruh produksi sampah di Karawang. Selain karena kondisi TPA Jalupang yang mendekati overload, tambah Guruh penumpukan sampah di TPS juga karena terbatasnya armada pengangkut sampah yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang.

Baca Juga

Sesuai dengan kajian, lanjutnya produksi sampah di Karawang mencapai 900 ton per hari. Sedangkan sampah yang bisa diangkut ke TPA Jalupang hanya 400 hingga 500 ton sampah per hari. "Jadi memang ada ratusan ton sampah yang tidak terangkut setiap hari," kata dia.

Sementara itu, pengangkutan sampah ke TPA Jalupang tidak hanya dilakukan armada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang. Armada pengangkut sampah milik swasta juga membuang sampah dari TPS-TPS ke TPA Jalupang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement