Selasa 10 Mar 2020 19:18 WIB

Ini Sejumlah Peninggalan Islam di Spanyol (1)

Islam pernah mengalami kejayaan di Spanyol.

Ini Sejumlah Peninggalan Islam di Spanyol. Foto: Masjid Cordoba di Spanyol.(EPA/KHALED ELFIQI)
Foto: EPA/KHALED ELFIQI
Ini Sejumlah Peninggalan Islam di Spanyol. Foto: Masjid Cordoba di Spanyol.(EPA/KHALED ELFIQI)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Islam dan Eropa tidak bisa dipisahkan. Ini karena Islam pernah mengalami kejayaan dan kebesaran di Benua Biru tersebut pada masa lampau. Sejarah mencatat, Islam berkibar di Eropa pada abad pertama hingga abad ketujuh Hijriah atau abad ketujuh hingga ke-13 Masehi. Daerah yang tunduk di bawah kekuasaan Islam meliputi dari sebelah timur sampai ke Parsi dan ke barat, selain ke Afrika juga ke Konstantinopel (Turki) serta Semenanjung Andalusia di Eropa atau yang kini dikenal sebagai Spanyol.

Setelah kekuasaan Kekhalifahan Umayyah yang berpusat di Damaskus digulingkan Bani Abbasiyah pada 750 M, dinasti tersebut tak sepenuhnya runtuh. Lima tahun sesudahnya, Abdurrahman I yang bergelar al-Dakhil berhasil mendirikan Kekhalifahan Umayyah baru di daratan Eropa.

Baca Juga

Kekhalifahan baru tersebut bahkan mampu menandingi kejayaan Dinasti Abbasiyah, khususnya dalam bidang sains dan teknologi. Kemilau sains dan teknologi di wilayah kekuasaan Dinasti Umayyah Andalusia bermula pada zaman kekuasaan Abdurrahman al-Aushat. Dia adalah seorang pemimpin yang sangat cinta terhadap ilmu pengetahuan.

Sederet ilmuwan Muslim terkemuka bermunculan di Spanyol. Mereka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hingga saat ini, jejak kebesaran Islam di Spanyol masih bisa disaksikan lewat sejumlah peninggalan bersejarah.  Berikut ini, sejumlah peninggalan Islam di Spanyol:

Masjid Cordoba

Masjid Cordoba saat ini berubah menjadi gereja atau katedral. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman I pada 787 Masehi. Pembangunannya terus dilakukan oleh para khalifah penerusnya.

Masjid Cordoba memiliki ruangan dalam untuk shalat yang bentuknya  persegi panjang dan dikelilingi oleh lapangan terbuka. Ini merupakan model masjid-masjid peninggalan Umayyah dan Abbasiyah yang dibangun di Suriah dan Irak.

Masjid Cordoba memiliki seni arsitektur yang sangat indah. Menaranya menjulang tinggi di atas batang-batang kayu berukir. Ada 1.293 tiang yang terbuat dari bermacam marmer bermotif papan catur yang menyangga masjid ini. Di sisi selatan terdapat 19 pintu berlapiskan perunggu dengan kreasi yang sangat menakjubkan. Sementara, pintu tengahnya berlapiskan lempeng-lempeng emas. Panjang Masjid Cordoba dari utara ke selatan mencapai 175 meter dan lebarnya dari timur ke barat 134 meter. Sedangkan, tingginya mencapai 20 meter. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement