Selasa 10 Mar 2020 17:34 WIB

Yuri Ajak Hindari Corona dengan Rempah di Sayur Lodeh

Rempah dalam masakan tradisional adalah kearifan lokal penguat daya tahan tubuh.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Indira Rezkisari
 Makanan tradisional yang kaya rempah-rempah bermanfaat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari corona.
Makanan tradisional yang kaya rempah-rempah bermanfaat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah kembali mengampanyekan masyarakat untuk rajin mengonsumsi rempah tradisional yang diyakini sanggup meningkatkan daya tahan tubuh. Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan bahwa rempah-rempah tradisional dan obat-obatan herbal terbukti ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang bagus adalah modal utama untuk menangkap virus corona. "Herbal ini turun-temurun bagus untuk meningkatkan imunitas. Kita kalau makan masakan tradisional juga full herbal. Sayur lodeh misalnya, atau sayur asem. Nasi kapau lebih lagi," ujar Yuri di Kantor Presiden, Selasa (10/3).

Baca Juga

Yuri menyambut baik animo masyarakat yang semakin tertarik untuk mengonsumsi rempah-rempah, entah itu yang sudah diolah menjadi masakan atau jamu. Menurutnya, kearifan lokal yang diturunkan dari nenek moyang ini punya manfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

"Jadi tidak ada perlu formula khusus. Ini kearifan nenek moyang kita," jelasnya.

Beberapa jenis rempah atau empon-empon yang diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah kunyit dan jahe. Keduanya diyakini memiliki antioksidan yang tinggi dan baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement