Selasa 10 Mar 2020 17:31 WIB

Hakikat Orang Bangkrut

Tidak ada orang yang mau mengalami kebangkrutan baik di dunia maupun di akhirat.

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Hakikat Orang Bangkrut
Hakikat Orang Bangkrut

Dr Ali Trigiyatno

Pada dasarnya tidak ada orang yang mau mengalami kebangkrutan baik di dunia maupun di akhirat. Namun demikian, Nabi Muhammad saw dalam Hadits shahih riwayat Imam Muslim menjelaskan orang yang akan mengalami kebangkrutan besok di hari kiamat sekaligus nasib akhirnya. Adapun bunyi lengkap Hadits itu adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?” Para sahabat menjawab, “Menurut kami, orang yang bangkrut di antara kami adalah orang yang tidak memiliki uang dan harta kekayaan.” Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan (pahala) shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia sering mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan memukul orang lain. Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.” (HR Muslim 8/18)

Memperhatikan dan menyimak Hadits tersebut, ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari kandungan Hadits di atas yakni:

Pertama, hakikat kebangkrutan. Rasulullah saw memancing sahabat dengan pertanyaan, tahukah kamu siapakah orang yang bangkrut itu? Ternyata jawaban sahabat masih mengacu pada kebangkrutan secara materi, di mana orang yang tidak memiliki harta apa-apa itulah yang dinamai orang bangkrut. Nabi sendiri meluruskan jawaban ini, karena hakikat sesungguhnya dari orang bangkrut ada di akhirat nanti, serta kebangkrutan yang mengerikan justru ada pada kebangkrutan amal kelak di hari kiamat.

Kedua, ciri orang yang akan bangkrut di akhirat nanti ditandai bahwa orang itu shalih secara ritual (individual), yakni orang tersebut rajin shalat, tertib puasa, dan rutin membayar zakat. Namun disayangkan ia tidak shalih secara sosial ditandai dengan banyaknya kesalahan yang ia perbuat terhadap sesama dengan suka mencaci maki, memfitnah, makan harta secara tidak sah, menumpahkan darah orang yang dilindungi, serta suka melakukan tindak kekerasan semisal memukul dan sejenisnya. Hal ini juga sebagai peringatan orang yang hanya mementingkan keshalihan ritual dan tidak shalih secara sosial. Bisa juga sebagai peringatan bagi orang yang ibadah vertikalnya tertib namun tidak memiliki efek manfaat kepada sesama.

Ketiga, cara penyelesaian kesalahan di atas. Dikarenakan di akhirat dinar dan dirham sudah tidak laku dan diberlakukan lagi, maka amal shalihlah sebagai penebus kesalahan-kesalahan yang telah ia lakukan. Pahala shalatnya, puasanya, zakatnya, dan lain-lain akan diambil buat membayar atau menebus kesalahannya. Jika mencukupi tentunya tidak terlalu bermasalah, namun jika belum mencukupi padahal amal shalihnya telah habis sementara tuntutan orang yang dirugikan belum selesai, maka dosa orang yang dirugikan tadi diambil untuk dibebankan pada orang yang berbuat salah tadi. Singkat cerita orang bangkrut di hari akhirat itu memiliki banyak amal kebaikan namun sayangnya kesalahan pada sesama lebih besar nilainya dari pahala yang berhasil ia kumpulkan. Nasib akhirnya bisa ditebak, karena amal kebaikannya habis dan ‘saldo’ dosanya bertambah, maka tempat akhirnya adalah neraka. Na’udzu billah min dzalik!

Selanjutnya, agar kita selamat dari kebangkrutan akhirat ada beberapa hal yang perlu kita lakukan.

Pertama, menjaga hubungan baik dengan Allah SwT dengan berusaha semaksimal mungkin mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Kedua, selalu waspada agar jangan sampai (kebanyakan) melakukan kesalahan dan dosa pada sesama baik berupa ucapan, sikap maupun perbuatan.

Ketiga, selesaikanlah di dunia jika kita memiliki kesalahan pada sesama dengan jalan menyesali dan meminta maaf kesalahan itu serta kalau perlu gantilah kerugian itu agar mendapat pengampunan dan kerelaan orang yang kita rugikan.

Keempat, usahakan bahwa timbangan amal kebaikan kita tetap lebih banyak dan berat dibanding timbangan dosa dan kesalahan kita baik kesalahan pada Allah SwT maupun terhadap manusia.

Dr Ali Trigiyatno, Dosen Pascasarjana STAIN Pekalongan, Ketua Majlis Tarjih PCM Batang

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement