Selasa 10 Mar 2020 15:36 WIB

Mensos: Jangan Ada Diskriminasi ke Orang HIV

Harapannya selama mereka memiliki skill diterima dengan normal.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memantau layanan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental Phala Martha (BRSPDM) Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/3).(Republika/Riga Nurul Iman)
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memantau layanan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental Phala Martha (BRSPDM) Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/3).(Republika/Riga Nurul Iman)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara meminta tidak ada diskriminasi terhadap orang dengan HIV (ODH). Hal ini disampaikan saat meninjau Loka Rehabilitasi Sosial Orang dengan HIV (ODH) Kahuripan Direktorat Rehabilitasi Sosial Kemensos di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (10/3).

'' Tidak boleh ada diskriminasi terhadap ODH,'' ujar Mensos Juliari P Batubara kepada wartawan. Oleh karenanya di Loka Kahuripan di lakukan terapi untuk membangkitkan kepercayaan diri dan semangat ODH.

Di mana dengan semangat baru tidak putus asa layaknya seperti orang normal. Harapannya selama mereka memiliki skill diterima dengan normal.

Di sisi lain ungkap Juliari, sosialisasi gaya hidup sehat dan tidak berganti pasangan harus terus digalakan oleh pemerintah daerah. Sebab pemda berhubungan langsung dengan masyarakat.

Juliari menambahkan, ke depan di Loka Kahuripan mereka mendapatkan terapi dan layanan yang lebih baik. Intinya kedatangannya untuk meyakinkan masyarakat mendapatkan fasilitas rehabilitasi dan sumber daya manusia yang baik dalam pelayanan rehabilitasi.

Sebelumnya Mensos Juliari P Batubara memantau layanan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental Phala Martha (BRSPDM) Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa pagi. Kedatangannya untuk mengecek layanan yang diberikan balai dalam merehabilitasi penyandang disabilitas mental.

Kunjungan Mensos didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat. '' Balai ini usianya sudah 70 tahun lebih di bawah Kementerian Sosial dan kami datang untuk melihat balai secara langsung,'' ujar Mensos Juliari P Batubara kepada wartawan.

Dalam kesempatan itu mensos melihat hasil kerajinan yang dibuat para penerima manfaat penyandang disabilitas mental seperti keset dan makanan serta hasil pertanian seperti jahe. Dari pantauannya secara keseluruhan layanan dan perlengkapan di balai sudah bagus dan ada beberapa perbaikan yang akan dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement