Selasa 10 Mar 2020 15:04 WIB

BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis untuk Lebaran

PT Jasa Raharja ditunjuk sebagai ketua satuan tugas mudik gratis 2020.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyediakan program mudik gratis untuk masa lebaran 2020. Foto petugas menawarkan mudik gratis menggunakan bus kepada penumpang, (ilustrasi).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyediakan program mudik gratis untuk masa lebaran 2020. Foto petugas menawarkan mudik gratis menggunakan bus kepada penumpang, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyediakan program mudik gratis untuk masa lebaran 2020. Kementerian BUMN menunjuk PT Jasa Raharja (Persero) sebagai ketua satuan tugas mudik gratis 2020.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan wujud BUMN sebagai agen pembangunan yang dilandasi semangat kolaborasi yang bernilai sosial tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna merayakan lebaran di kampung halaman. Budi menyampaikan jumlah BUMN yang terlibat dalam program mudik gratis 2020 sebanyak 107 BUMN atau lebih banyak dibanding pada 2019 yang sebanyak 104 BUMN.

Baca Juga

Budi menjelaskan program mudik gratis bertujuan memfasilitasi masyarakat yang akan mudik lebaran melalui kolaborasi BUMN, memudahkan masyarakat dalam mudik dengan nyaman dan aman, meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas, dan menggerakkan tingkat ekonomi di daerah, serta meningkatkan brand equity BUMN sebagai perusahaan yang peduli terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

"Pada 2020, target pemudik yang akan diberangkatkan sejumlah 275 ribu orang atau meningkat 10 persen dibandingkan 2019 yang sebanyak 250 ribu orang," ujar Budi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3).

Budi menjelaskan program mudik gratis ini menggunakan ragam moda transportasi berupa bus, kereta api, kapal, hingga pesawat dengan 83 kota keberangkatan dan 109 kota tujuan yang tersebar di seluruh Indonesia. Budi memaparkan kolaborasi BUMN dalam program mudik gratis antara lain pengadaan transportasi bus oleh Damri, transportasi kapal laut oleh Pelni dan ASDP, transportasi kereta api oleh PT KAI, transportasi pesawat udara oleh Garuda Indonesia dan atribut pemudik oleh Sarinah.

"Pada 19 Mei 2020 atau H-6 rencana akan dilaksanakan Flag Off moda bus Mudik Bareng BUMN 2020 di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta," ucap Budi.

Budi menerangkan pendaftaran mudik bareng BUMN sudah dimulai sejak Februari 2020 dengan sistem Online melalui portal https://mudikbumn.co.id. Selain penyelenggaraan pemberangkatan mudik dengan beragam moda transportasi umum tersebut, BUMN juga menyelenggarakan 20 titik checkpoint bagi pemudik motor di sepanjang jalur mudik, dan lima titik posko layanan informasi BUMN di rest area sepanjang jalan Tol Sumatera dan Jawa bekerja sama antara Jasa Raharja, Jasa Marga, Hutama Karya, dan Waskita Karya.

"Untuk memastikan penyelenggaraan mudik bareng BUMN merata di seluruh indonesia serta  memudahkan koordinasi dalam pelaksanaan maka dibentuk PIC mudik bareng BUMN di setiap provinsi," kata Budi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement